PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-MADANIY GONDANGLEGI-MALANG

Authors

  • Dahlia Amalia Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Afifatu Rohmawati Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.335

Keywords:

Ketrampilan Berbicara, Bahasa Arab, Metode Bernyanyi

Abstract

Peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab  melalui metode bernyanyi yang menunjukkan bahwa adanya permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab terhadap anak yang telah dikembangkan disekolah masing kurang menarik. Sehingga, peneliti merancang konsep pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan metode bernyanyi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Teknik pengumpulan data melalui penerapan  siklus, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui metode bernyanyi yang ditunjukkan melalui peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase 30%. Peningkatan  pada  siklus I dengan prosentase 53% dan peningkatan pada siklus II dengan prosentase 83%. Maka, peningkatan keterampilan berbicara bahasa arab melalui metode bernyanyi pada anak kelompok B antara siklus I ke siklus II  sebesar  30%. Pada hasil yang di peroleh metode bernyanyi sangat efektif dan efisien dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab melalui teknik menghafal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fadillah, M dan Khorida, L. M., (2014). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Cetakan I. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadilah, M., (2014). Desain Pembelajaran PAUD, Cetakan 2 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hermawan, A., (2011). metologi pembelajaran Bahasa Arab. Cetakan I. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Iskandarwassid, dkk (2006). Strategi Pembelajarn Bahasa, Cetakan VI PT : Remaja Rosdakarya
Iskandar, B., dkk (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Cetakan II Bandung: PPPPTK dan PLB.
.
Muliawan, J. U., (2017). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. cetakan I Yogya: karta: Ar-Ruzz Media.
Maryam, M., (2012). Al-Qur’an dan terjemah. Jakarta: Al-Fatih.
Suryaning, (2018). "Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan “Pasaran” PadaAnak Kelompok B RA AL-Masitoh Gedangan Malang”,. Skips. Malang: IAI AL-QOLAM.
Sumardi, M., (1974). Pedoman Pengajaran Bahasa Arab. Cetakan I. Jakarta : Pada Perguruan Tinggi Agama / I.A.I.N
Susanto, A., (2011). Perkembangan Anak usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Cetakan 1 Jakarta: Kencana
Sugiono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D: Teknik Pengumpulan Data. Cetakan XX Bandung: CV. Alfabeta
Yamin, M., dkk (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan 1 Caung : Persada Press Group

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Dahlia Amalia, & Afifatu Rohmawati. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK KELOMPOK B DI PAUD AL-MADANIY GONDANGLEGI-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 11-20. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.335