REORIENTASI PEMAHAMAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH

Authors

  • Nur Qomari Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35897/ps.v1i1.3

Abstract

Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia dibedakan menjadi empat; pesantren, majlis ta’lim, madrasah, dan lembaga akademik (perguruan tinggi). Masing-masing kelembagaan tersebut tentunya memiliki karakteristik sesuai dengan porfermen masing-masing. Pesantren merupakan lembaga yang mengembangkan ilmu-ilmu keislaman paling tua di Indonesia, yang hingga kini masih eksis sesuai dengan model pembelajaran kyai pengasuh yang sekaligud penguasa tunggal masing-masing dan tetap dibuthkan oleh masyarakat dimana pesantren berada. Model pembelajarannya mengikuti karakter kyai-nya dan kyai-nya mengikuti kyai-nya begitu seterusnya. Majlis ta’lim merupakan lembaga yang sifatnya non formal, dengan tujuan utama mensosialisasikan pendidikan agama Islam di tengah-tengah masysrakat. Sementara Madrasah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang berusaha mengkompromikan sistem pendidikan pesantren dan sistem pendidikan Nasional dengan misi utama memadukan pengetahuan agama dan pendidika umum yang notabena diasusmsikan bersumber dari negara barat. Sedangkan perguran tinggi Islam merupakan lembaga akademik yang misi utamanya mencetak intlektual muslim.

Pendidikan Agama Islam saat ini di sekolah sedang menghadapi tantangan yang cukup serius, sebagaimana upaya pemerintah menyelenggarakan pendidikan agama pada semua jenis, jalur dan jenjang pendidikan yang semuanya itu mendapatkan apresiasi posisitif dari berbagai fihak. Orientasi pendidikan Agama Islam di Sekolah adalah untuk mencetak hamba Allah di muka bumi ini menjadi khalifah fi al-ardl sekaligus untuk lebih memberikan penajaman potensi fitrah manusia secara maksimal menuju kedewasaan intelektual (intellectual ability), kematangan emosional (emotional ejurity).

Kata Kunci: Reorientasi,  Pendidikan Agama Islam, tarbiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

16-09-2013

How to Cite

Qomari, N. (2013) “REORIENTASI PEMAHAMAN PENDIDIKAN ISLAM DI SEKOLAH”, JURNAL PUSAKA, 1(1). doi: 10.35897/ps.v1i1.3.

Issue

Section

Articles