Implementing Mind Mapping to Improve the Ability of the Second Grade Students of MTS Bustanul Ulum Wagir Malang in Writing Narrative

Authors

  • Budik Kusworo Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i1.272

Keywords:

Mind Mapping, Writing Ability, Narrative

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka menjawab masalah penelitian, “Bagaimana pemetaan pikiran dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas dua MTS Bustanul Ulum Wagir Malang dalam menulis narasi. Strategi ini dipilih karena kekuatannya dalam mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam proses belajar mengajar dan dalam membantu siswa untuk menghasilkan ide, atau setidaknya untuk memperkuat kemampuan mereka untuk menulis dalam bahasa Inggris Untuk menjawab masalah penelitian, Penelitian Tindakan Kolaboratif dilakukan mengikuti empat tahap, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga pertemuan dan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua tahun 2012-2013 yang terdiri dari 42 siswa. Dalam penelitian ini, siswa ditugaskan untuk membangun teks naratif melalui implementasi pemetaan pikiran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi, kuesioner dan catatan lapangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buzan, T. 2008. Mind Mapping for Kids. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. (Second Eition). Published by PT Gramedia Pustaka Utama-Jakarta.
Cohen, A. D. 1994. Assesing Language Ability in the Classroom, ed. Boston: Heinle and Heinle.
Hayes, D .A. 1992. A Sourcebook for Interactive Methods for Teaching with Text. Allyn and Bacon: The University of Georgia.
Heaton. J. B. 1988. Writing english language test. New York : Longman
Mapp, B. 2002. What is Mind Mapping? (Online) . URL:
Http:// www.teachingexpertise.com/articles. (accesed 2008, April )
Mindtools. 2013. Review strategies. http://www.mindtools.com/pages/article/newISS_05.htm, accesed on july, 2013.
Repelitawati, R. 2011. Implementing Mind Mapping Strategy to Improve The Writing Ability of The Seventh Graders of Public Junior High School 4 Kediri. Malang. unpublished thesis. State Univesity of Malang.
Teo, N. 2003. A handbook for science teacher in primary schools. Singapore: federal publication.
Wilujeng, S. 2005. Improving Students’ Writing Skill Trough Mind Mapping. Malang: unpublished Thesis. State University of Malang
Wycoff, J. 2005. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Fikiran. Terjemahan oleh Rina S. Marzuki. 2002 Bandung: Mizan Pustaka.

Downloads

Published

06-03-2020

How to Cite

Kusworo, B. . (2020). Implementing Mind Mapping to Improve the Ability of the Second Grade Students of MTS Bustanul Ulum Wagir Malang in Writing Narrative. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 2(1), 21–40. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v2i1.272