NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM NADHM ALFIYYAH IBN M?LIK F? AL-NAHW WA AL-SHARF
DOI:
https://doi.org/10.35897/intaj.v3i1.174Keywords:
education, values, nadhm alfiyyah, character, religiousAbstract
Kitab nadhm Alfiyyah Ibn M?lik Al-Nahw wa Al-Sharf adalah sebuah kitab mandzumah atau kitab bait nadhm yang berjumlah seribu dua bait, berirama bahar rojaz, dan membahas tentang kaidah-kaidah ilmu nahw dan ilmu Nadhm Alfiyyah Ibn M?lik Al-Nahw wa Al-Sharf selain membahas ilmu nahw dan sharf didalamnya juga terkandung beberapa nilai pendidikan karakter religius, diantaranya adalah: Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, dan Cinta Damai.
Downloads
References
Al-Qur’an al-Karim.
Al-Mas’udi, Hafidz Hasan (tt). Taisir Al-Khollaq Fi ‘Ilmi Al-Akhlaq. Surabaya: Al-Miftah.
Al-Zarnuji (2015). Terjemah Nadhom Alala: Kiat Meraih Ilmu Manfaat serta Baroka. terjemahan oleh Abu An’im. cetakan ketiga. Mu’jizat Manivestasi Santri Jawa Barat.
Asy’ari, K.H. Hasyim (2017). Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ‘Alim wal Muta’allim). terjemah oleh Rosidin, Tangerang: Tira Smart.
Azzet, Akhmad Muhaimin (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruz Meida.
Budiyanto, H. Mangun (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Griya Santri.
Gunawan, Heri (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hadi, Sutrisno (2000). Metodologi Research. Jogjakarta: Andi Offset.
Hariyanto, Wawan (2009 ) “Problematika Penerjemahan Nadhm Alfiyyah Ibn Mālik ke dalam Bahasa Indonesia studi analisis kesalahan santri kelas awwaliyah II pondok pesantren al-Luqmaniyyah Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
H. Ramayulis dan Nizar, Samsul (2009). Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia.
Kurniawan, Syamsul (2013) Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasi secara terpadu di Linkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kunandar (2011). Guru Profesional : Implementasi Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT Raja Grafindo Persada.
Lajnah Bahtsul Masail Lembaga Pendidikan Islam Ma’hadal Ulum Diniyah Islamiyah (30 September 2017), “Biografi Ibn Mālik, Pengarang Kitab Alfiyyah”, http://lbm.mudimesra.com .
Maimunah, Binti (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Ma’mur Asmani, Jamal (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA press.
Mahmud, Ali Abdul Halim (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.
Muhammad, Abdullah Jamaluddin (tt). Nadhm Alfiyyah Ibn Mālik. Surabaya: Al-Hidayah.
Mulyana, Rohmat (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Muslich, Masnur (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantagan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Poerwadarminta, W.J.S. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Rohman, M. Kholilur (2007). Lantunan Bait Sentuhan Ruh. Jombang: Darul Hikmah.
Rusdiana, Ahmad (2015). Kebijakan Pendidikan: Dari Filosofi Ke Implementasi. Bandung: Pustaka Setia.
Salim, Moh. Haitami dan Kurniawan, Syamsul (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Arruzz Media.
Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisisus.
Sugiono (2012). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Subini, Nini (2012). Awas, Jangan Jadi Guru Karbitan: Kesalahan-kesalahan Guru dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Javalitera.
Syakir, Muhammad (tt). Washaya Al-Abaa’ Lil Abnaa’. Surabaya: Al-Miftah.
Taksonomi Bloom (09 September 2017). “Pendidikan”. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Taksonomi_Bloom
Wibowo, Agus (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zubaedi (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.