KITAB KUNING, IJTIHAD POLITIK, DAN KONTEKS NEGARA-BANGSA

Konstruksi Fikih Siyasah Pesantren

Authors

  • Muhammad Adib Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang, Indonesia
  • Roihanah Institut Agama Islam Al-Qolam

DOI:

https://doi.org/10.35897/intaj.v6i2.899

Keywords:

Kitab Kuning, Political Ijtihad, Nation-State, Pesantren's Fiqh of Politics

Abstract

This study aims to reveal the construction of pesantren’s fiqh of politics, namely the dialectical movement between two opposite dimensions. The first dimension is the kitab kuning which is static and was born between the 8th century and the early 20th century. The second dimension is the pesantren's political ijtihad which is dynamic and progressive, but still refers to the kitab kuning. With a philosophical and historical approach, this study shows that the driving axis of the dialectic between the static kitab kuning and the dynamic and progressive pesantren’s political ijtihad is the epistemic system (‘aql) which binds the cognitive awareness of pesantren and is passed down from generation to generation from the early days to the present. Its manifestation is cognitive flexibility in the form of an eclectic trend in choosing literature and scholars’ opinions and the manhajī method of thinking behind the qaulī method used. With this cognitive flexibility, pesantren interpret the kitab kuning based on the the nation-state context and produce various dynamic and progressive products of political ijtihad.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd. Rahman, Zayad, dan Ali Syamsuri, (2020). “NU dan Dār al-Islām: Sebuah Kajian terhadap Konstelasi Syariat Islam di Indonesia”, Empirisma: Jurnal Pemikiran dan kebudayaan Islam 29, No. 1, Januari 2020.

Adib, Muhammad, (2021). Kritik Nalar Fikih Nahdlatul Ulama (NU): Pembacaan Baru terhadap Bahtsul Masail, cetakan II, Malang: Kiri Sufi

Ali, Syaikhul Islam, (2017). Kaidah Fikih Politik: Pergulatan Pemikiran Politik Kebangsaan Ulama, cetakan I, Tangerang Selatan: Harakah Book

Anshor, Ahmad Muhtadi, (2012). Baḥth al-Masā’il Nahdlatul Ulama: Melacak Dinamika Pemikiran Mazhab Kaum Tradisionalis, cetakan I, Yogyakarta: Teras

Al-‘Asqalānī, Ibn Hajar, (t.t.) Fath al-Bārī bi Syarh Shahīh al-Bukhārī, jilid III, edisi digital, Beirut: Dār al-Ma‘rifah

Barton, Greg, (2011). Biografi Gus Dur, cetakan X, Yogyakarta: LKiS

Baso, Ahmad, (2017). “Muhammad Abed al-Jabiri dan Studi Islam Nusantara: Memperjelas Karakter Keilmuan Kita”, Kata Pengantar dalam Baso, Al-Jabiri, Eropa, dan Kita: Dialog Metodologi Islam Nusantara untuk Dunia, cetakan I, Jakarta: Pustaka Afid

Bruinessen, Martin van, (2004). “NU: Jamaah Konservatif yang Melahirkan Gerakan Progresif”, Kata Pengantar dalam Laode Ida, NU Muda: Kaum Progresif dan Sekularisme Baru, cetakan I, Jakarta: Erlangga

________, (2014). “Secularism, Islamism and Muslim intellectualism in Turkey and Indonesia: Some Comparative Observations”, dalam Mirza Tirta Kusuma (ed.), Ketika Makkah Menjadi Las Vegas: Agama, Politik dan Ideologi, cetakan I, Jakarta: Gramedia

Burhanuddin, Jajat (2013).Ulama dan Kekuasaan: Pergumulan Elite Muslim dalam Sejarah Indonesia, edisi digital, Bandung: Mizan

Dokumen Hasil Final Bahtsul Masail Maudhu‘iyyah Munas NU tahun 2019 di Banjar.

Drāz, Muhammad ‘Abd Allāh, (1952). al-Dīn: Buhūts Mumahhadah li Dirāsāt Tārīkh al-Adyān, Kuwait: Dār al-Qalam

Effendi, Bahtiar, (2005). Islam dan Negara: Transformasi Gagasan dan Praktik Politik Islam di Indonesia, edisi digital, Jakarta: Yayasan Abad Demokrasi

Effendi, Djohan, (2010). Pembaruan tanpa Membongkar Tradisi: Wacana Keagamaan di Kalangan Generasi Muda NU Masa Kepemimpinan Gus Dur, cetakan I, Jakarta: Kompas

Fealy, Greg, (2003). Ijtihad Politik Ulama: Sejarah Nahdlatul Ulama 1952-1967, terj. oleh Farid Wajidi dan Mukni A. Bachtiar, cetakan I, Yogyakarta: LKiS

Feillard, Andrée, 2009). NU vis-a-vis Negara: Pencarian Isi, Bentuk, dan Makna, terj. oleh Lesmana, cetakan III, Yogyakarta: LKiS

Foucault, Michel, (1972). The Archeology of Knowledge, terj. oleh A.M. Sheridan Smith, New York: Pantheon Books

Hidayat, Achmad, dan Zaenal Arifin, (2020). “Narasi Fikih Kebangsaan di Pesantren Lirboyo”, Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 10, No. 3, Desember 2020.

Al-Jābirī, Muhammad ‘Ābid, (2009).Takwīn al-‘Aql al-‘Arabī, cetakan X, Beirut: Markaz Dirāsāt al-Wihdah al-‘Arabiyyah

Lombard, Denys, (2005). Nusa Jawa: Silang Budaya (Bagian II: Jaringan Asia), alih bahasa oleh Winarsih P. Arifin et.al., cetakan I, Jakarta: Gramedia

Mahfudh, Sahal, (2002). “Bahtsul Nasa’il dan Istinbath Hukum NU: Sebuah Catatan Pendek”, Kata Pengantar dalam M. Imdadun Rahmat et al., Kritik Nalar Fiqih NU: Transformasi Paradigma Bahtsul Masail, cetakan I, Jakarta: Lakpesdam

Mahsun, (2015). Mazhab NU Mazhab Kritis: Bermazhab secara Manhaji dan Impelementasinya dalam Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama, cetakan I, Depok: Nadi Pustaka

Mumazziq Z, Rijal, (2022). “Tanggung Jawa NU atas Perdamaian Dunia”, Aula: Majalah Nahdlatul Ulama, November 2022.

Mun‘im DZ, Abdul, (2011). Piagam Perjuangan Kebangsaan, cetakan I, Jakarta: Setjen PBNU-NU Online

Muzadi, Abdul Muchit, (2006). NU dalam Perspektif Sejarah dan Ajaran: Refleksi 65 Tahun Ikut NU, cetakan III, Surabaya: Khalista

PBNU, (2011).Ahkamul Fuqaha: Solusi Problematika Aktual Umat Islam (Keputusan Muktamar, Munas, dan Konbes Nahdlatul Ulama 1926-2010), cetakan I, Surabaya: Khalista

________, (2012). Hasil Keputusan Musyawarah Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama Tahun 2012, Jakarta: LTN-PBNU

________, (1985). Nahdlatul Ulama Kembali ke Khittah 1926, Bandung: Penerbit Risalah

PP GP Ansor, (2017). Dokumen Keputusan Bahtsul Masail Kyai Muda Ansor, di Jakarta, pada 11-12 Maret 2017 tentang Kepemimpinan Non-Muslim di Indonesia.

Putra, Afriadi, (2016). “Pemikiran Hadis KH. M. Hasyim Asy‘ari dan Kontribusinya terhadap Kajian Hadis di Indonesia”, Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1, No. 1, Januari 2016.

Purwono, Andi, (2013). “Organisasi Keagamaan dan Keamanan Internasional: Beberapa Prinsip dan Praktik Diplomasi Nahdlatul Ulama (NU) Indonesia”, Jurnal Politik Profetik 2, No. 2, 2013.

PWNU Jawa Timur, (2007). Aswaja An-Nahdliyah: Ajaran Ahlussunnah wa al-jama‘ah yang Berlaku di Lingkungan Nahdlatul Ulama, Surabaya: Khalista

________, (2010). NU Menjawab Problematika Umat: Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur, cetakan I, Surabaya: Khalista

________, (2013). NU Menjawab Problematika Umat: Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur (1991-2013), cetakan I, Surabaya: Bina ASWAJA

Ridwan, Nur Khalik, (2020). Ensiklopedia Khittah NU, Jilid III, cetakan I, Yogyakarta: DIVA Press

Rifai, Muhammad, (2009). K.H. Hasyim Asy’ari: Biografi Singkat 1871-1947, cetakan I, Yogyakarta: Garasi

Al-Sakhāwī, Muhammad ibn ‘Abd al-Rahmān, (t.t). al-Maqāshid al-Hasanah fī Bayān Katsīr min al-Ahādīts al-Musytahirah ‘alā al-Alsinah, cetakan I, Beirut: Dār al-Kitāb al-‘Arabī

Setyawan, Heri, (2019). “Kontestasi Ideologi Pasca Orde Baru dan Peran Pendidikan Humaniora dalam Demokratisasi Indonesia”, makalah, disampaikan pada Seminar Dies XXVI Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, tanggal 26 April 2019.

Sholihuddin, Muh., dan Saiful Jazil, (2021). “Konstruksi Fikih Kebangsaan Nahdlatul Ulama: Kajian terhadap Peran NU Perspektif Fiqh Siyāsah”. Al-Qānūn: Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam 24, No. 1, Juni 2021.

Siddiq, Achmad, (1992). Pedoman Berpikir Nahdlatul Ulama (al-Fikrah an-Nahdliyyah), Surabaya: FOSSNU

Sohib, Mubti, (2020). “Konsep Nation State Negara Kesatuan Republik Indonesia Perspektif Pemikian Politik Imam al-Haramain”, tesis, Surabaya: UIN Sunan Ampel

Sunyoto, Agus, (2018). Fatwa dan Resolusi Jihad: Sejarah Perang Rakyat Semesta di Surabaya, 10 November 1945, cetakan I, Jakarta dan Malang: LESBUMI PBNU dan Pustaka Pesantren Nusantara

Syahāb, Muhammad Asad, (1971). al-‘Allāmah Muhammad Hāsyim Asy‘arī: Wādhi‘ Lubnan Istiqlāl Indūnīsiyā, cetakan I, Beirut: Dār al-Shādiq

Syamsuddin, Sahiron, (2009). “Hermeneutika Hans-Georg Gadamer dan Pengembangan Ulumul Qur’an dan Pembacaan Alqur’an pada Masa Kontemporer”, dalam Syafa’atun Almirzanah dan Sahiron Syamsuddin (ed.), Upaya Integrasi Hermeneutika dalam Kajian Qur’an dan Hadis: Teori dan Aplikasi (Bagian 2, Tradisi Barat), cetakan I, Yogyakarta: Lembaga Penelitian UIN Sunan Kalijaga

Syuhud, A. Fatih, (2022). Ahlussunnah Wal Jamaah: Islam Wasathiyah Tasamuh Cinta Damat, cetakan VI, Malang: Pustaka Alkhoirot

Tanwirul Afkar, Tim Redaksi, (2000). Fiqh Rakyat: Pertarungan Fiqh dengan Kekuasaan, cetakan I, Yogyakarta: LKiS

Yenuri, Ali Ahmad, et.al, (2021). “Paradigma Toleransi Islam dalam Merespons Kemajemukan Hidup di Indinesia: Studi Analisis Pemikiran KH. Ahmad Shiddiq”, Poros Onim: Jurnal Sosial Keagamaan 2, No. 2, Desember 2021.

Zahro, Ahmad, (2004). Tradisi Intelektual NU: Lajnah Bahtsul Masail 1926-1999, cetakan I, Yogyakarta: LKiS

Zaini, Helmy Faishal, “PCINU sebagai Duta-duta Perdamaian Internasional”, https://www.nu.or.id/wawancara/pcinu-sebagai-duta-duta-perdamaian-internasional-PFzp5, akses 2 Desember 2022.

Https://baytarrahmah.org/management/, akses 2 Desember 2022.

Https://www.baytarrahmah.org/media/2017/Gerakan-Pemuda-Ansor_Declaration-on-Humanitarian-Islam.pdf, akses 2 Desember 2022.

Https://www.baytarrahmah.org/media/2016/Nahdlatul-Ulama-Declaration_05-10-16.pdf, akses 2 Desember 2022.

Https://civilizationalvalues.org/, akses 2 Desember 2022.

Https://libforall.org/, akses 2 Desember 2022.

Https://www.nu.or.id/nasional/komunike-r20-bali-upaya-memastikan-agama-sebagai-sumber-solusi-global-U9lq4, akses 2 Desember 2022.

Published

2022-10-29

How to Cite

Adib, M. and Roihanah (2022) “KITAB KUNING, IJTIHAD POLITIK, DAN KONTEKS NEGARA-BANGSA: Konstruksi Fikih Siyasah Pesantren”, Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 6(2), pp. 253–280. doi: 10.35897/intaj.v6i2.899.

Issue

Section

Articles