Analisis Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Pelayanan, dan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Pada Bank Syariah Mandiri XXX

Authors

  • Meilinda Eko Yahyanti Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v4i1.226

Keywords:

Profit Ratio, Service, Product, Customer’s Satisfaction

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of ratios, services, products on customer satisfaction BSM savings at Bank Syariah Mandiri XXX. This study is quantitative with a total of 100 data were collected using survey method random sampling technique. The result study indicate that simultaneously the ratio, service, and product variables have a positive and significant influence on the satisfaction of BSM savings customers with a coefficient of 93.778. While partially the effect is different, the ratio variable has a positive and significant effect on the satisfaction of BSM savings customers with a coefficient of 5.092, the product variable has a positive and significant influence on the satisfaction of BSM savings customers with a coefficient of 8.780, while the service variable has no significant effect on customer satisfaction BSM savings with a coefficient of 0.597. The conclusion of this study shows that the regression model that is formed with the ratio, service, and product variables can be used to see the effect of BSM savings customer satisfaction.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhammad. 2002. Manajemen Bank Syariah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Karim, Adiwarman A. 2010. Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Antonio, Muhamad Syafi’I. 2002. Bank Syariah: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: Gema Insani Press.
Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management: Mewujudkan Layanan Prima. Ed. 2. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Al Afifah, Azka. 2017. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”. Skripsi Sarjana Ekonomi UIN Raden Fatah, Palembang
Chotimah, Chusnul. 2014. “Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Masyarakat Memiilih Bank Syariah di Surakarta”. Skripsi Sarjana Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.
Hasan, Ali. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia,
Zainal, Veithzal Rivai & Djaelani, Firdaus. 2017. Islamic Marketing Management: Mengambangkan Bisnis dengan Hijrah ke Pemasaran Islami Mengikuti Praktik Rasulullah saw. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Lupiyodi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Ed. 3. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. Prinsip-prinsip Pemasaran. Ed. 12. Jakarta: Erlangga.
Guspul, Ahmad & Ahmad, Awaludin. “Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Kepercayaan Nasabah pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah di Wonosobo”. Jurnal PPKM III (Juli, 2014).
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Ardiyanto, Roesdian Bayu. “Pengaruh Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah yang di Mediasi Oleh Kepercayaan Nasabah pada Bank BRI Syariah Surakarta”. Skripsi Sarjana Ekonomi Universita Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. 2013.
Al Afifah, Azka. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah”. Skripsi Sarjana Ekonomi UIN Raden Fatah. Palembang. 2017.
Bank Indonesia, Undang-Undang Perbankan Syariah, bi.go.id di akses pada 21 februari 2018 pukul 09:30
OJK, Sejarah Perbankan Syariah, ojk.go.id di akses pada 20 februari 2018 pukul 15:36
Devie Kania, Nasabah Bank Syariah 18,75 Persen dari Total Konvensional, beritasatu.com diakses pada 21 februari 2018 pukul 10:20
Nur Aini, OJK: Minat Masyarakat Terhadap Perbankan Syariah Meningkat, republika.co.id diakses pada 21 februari 2018 pukul 10:22
DSN MUI, Fatwa Tabungan, dsnmui.or.id diakses pada 14 mei 2018 diakses pukul 23:23

Downloads

Published

2019-03-27

How to Cite

Yahyanti, M. E. . (2019) “Analisis Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Pelayanan, dan Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Pada Bank Syariah Mandiri XXX”, Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), pp. 71–100. doi: 10.35897/iqtishodia.v4i1.226.

Issue

Section

Articles