Mekanisme dan Sistem Distribusi Harta Perspektif Islam

Authors

  • Zulfa Nur Fadilla Universitas Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.35897/iqtishodia.v1i2.64

Keywords:

Ekonomi Islam, Distribusi, Distribusi Kapitalis – Sosialis

Abstract

Universalitas Islam dalam berbagai aspek kehidupan manusia, khususnya dalam ekonomi, menghadirkan sebuah konsekuensi bahwa segala kegiatan perekonomian harus berjalan secara Islami sesuai dengan syariat Islam, baik dalam produksi, konsumsi maupun distribusi. Dengan demikian kesejahteraan dunia dan akhirat (falah) akan tercapai.

 Pembahasan dalam tulisan ini akan di fokuskan dan di batasi dalam kegiatan distribusi, dengan mengkomparasikan antara konsep distribusi Kapitalis, Sosialis dan perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan literatur , utuk pengumpulan data, penulis menggunakan dokumnetasi baik dari media cetak (buku, koran) maupun media online. Penulis menarik kesimpulan bahwa Islam mengambil jalan tengah antara pola kapitalis dan sosialis yaitu tidak memberikan kebebasan mutlak maupun hak yang tidak terbatas dalam pemilikan kekayaan pribadi bagi individu dalam lapangan produksi, dan tidak pula mengikat individu pada sebuah sistem pemerataan ekonomi yang di bawah sistem ini ia tidak dapat memperoleh dan memiliki kekayaan secara bebas.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-09-21

How to Cite

Fadilla, Z. N. (2016) “Mekanisme dan Sistem Distribusi Harta Perspektif Islam”, Iqtishodia: Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), pp. 45–56. doi: 10.35897/iqtishodia.v1i2.64.

Issue

Section

Articles