Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak di MTS An Nur Bululawang Malang
DOI:
https://doi.org/10.35897/ps.v14i1.1527Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru dalam meningkatkan minat belajar siswa khususnya pada pembelajaran akidah akhlak dan faktor pendukung dan penghambat yang ada di sekolah MTs An-Nur Bululawang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan di MTs An-Nur Bululawang dengan 7 narasumber, yang terdiri dari kepala sekolah, seorang guru akidah akhlak, dan 5 siswa. Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs An-Nur Bululawang yakni: 1) Menggunakan metode pembelajaran yang tepat, 2) Memanfaatkan media belajar, 3) Memberikan motivasi. Faktor pendukung guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII yaitu dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambatnya yaitu minat belajar siswa ada yang masih kurang. Usaha guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di MTs An-Nur dikatakan sudah baik, guru bisa terus aktif dan kreatif dalam menggunkan metode-metode yang tepat dalam memberikan pembelajaran kepada siswa.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL PUSAKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.