THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPPING ON STUDENTS WRITING SKILL ACROSS DIFFERENT LEARNING MOTIVATION
DOI:
https://doi.org/10.35897/ps.v3i2.38Abstract
Tehnik mengajar Mind-Mapping telah terbukti efektif pada penelitianpenelitian sebelumnya. Di antaranya adalah penelitian yang dilaksanakan oleh Nurlaila (2013) pada SMP dalam pengajaran teks deskriptif. Kemudian Irwandi (2012) menguji coba teknik Mind-Mapping dalam pengajaran deskriptif teks di SMA yang berkesimpulan sukses. Dalam penelitian ini, peneliti ingin menguji coba Teknik Mind-Mapping dalam pengajaran deskriptif teks pada level yang berbeda, yaitu di tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa jurusan PAI semester 2 IAI Al-Qolam Gondanglegi. Sample yang diambil adalah kelas A dan B dengan jumlah masing-masing 25 mahasiswa. Kedua kelas diberikan pre-test, dan hasilnya, kedua kelas memiliki kemampuan yang seimbang dalam hal menulis Bahasa Inggris. Kelas A adalah grup eksperimen yang dalam proses belajar mengajar, metode yang digunakan adalah Mind-Mapping. Kelas B adalah grup kontrol yang dalam pembelajarannya menggunakan teknik tradisional. Di akhir pembelajaran, kedua regu diberi post-test untuk mengukur seberapa jauh keberhasilan mahasiswa dalam menulis paragraf deskriptif setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Peneliti juga memberikan angket motivasi belajar untuk mengontrol apakah motivasi belajar juga memberikan dampak pada pencapaian mahasiswa. Hasil dari post-test dan motivasi belajar secara simultan menjelaskan bahwa perlakuan pada pembelajaran dan motivasi yang berbeda berpengaruh terhadap prestasi mahasiswa.
Kata kunci: Mind Mapping, Teknik tradisional dan Motivasi.