Analisis Hambatan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35897/ps.v9i2.465Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) hambatan guru dalam proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif (2) alternatif solusi dari hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni 2 guru matematika dan 2 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hambatan yang dihadapi meliputi guru kesulitan memilih model pembelajaran kooperatif yang sesuai, guru kesulitan dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Hambatan yang dialami siswa meliputi rendahnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru, mengemukakan ide maupun menyanggah pendapat, mengerjakan soal ke depan tanpa ditunjuk guru. (2) alternatif solusi dari hambatan yang dihadapi guru meliputi upaya penyesuaian dengan perkembangan pemahaman tentang Kurikulum 2013 revisi, guru sebaiknya membuat modul, guru harus kreatif, inovatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 JURNAL PUSAKA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.