PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN SIPRING PAGELARAN-MALANG

Main Article Content

Nur Laila
Nurhayati

Abstract

Penelitian ini tujuan untuk mendeskripsikan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, untuk mendeskripsikan cara meningkatkan kemampuan anak mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di RA Hidayatul Mubtadiin Pagelaran. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunkan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang ditunjukkan memiliki adanya peningkatan kemampuan kognitif pada anak kelompok A pada setip siklus. Data prosentase ketuntasan yang diperoleh 53,3% pada siklus 1, dan semakin meningkat pada akhir siklus 2 yakni sebesar 86,6%. Maka, peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui permainan engklek pada anak usia 4-5 tahun  dari siklus 1 ke siklus 2 dengan selisish sebesar 33,3%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan kognitif meningkat sangat signifikan. Terlihat dari hasil akhir menyatakan bahwa konsep permainan trasidional engklek memiliki kriteria ketertarikan, kemudahan dan kesesuaian dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nur Laila, & Nurhayati. (2019). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK PADA KELOMPOK A DI RA HIDAYATUL MUBTADIIN SIPRING PAGELARAN-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i1.349
Section
Articles

References

Suryadi dan Ulfah, (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Bandung : PT. Remaja Rodaskarya
Ekawarna. (2011). Penelitian Tindakan Kelas, Cetakan kedua. Jakarta : GP Press.
Ismanto,. S & Daryanto. (2007) Panduan Praktis Penelitian Ilmiah. Yokyakarta : Penerbit Gava Media.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta