PROSES BERMAIN MATEMATIKA AWAL DI RA MIFTAHUL HUDA NGASEM NGAJUM-MALANG

Main Article Content

Sri Wahyuni
Ratih Permata Sari

Abstract

Proses  bermain matematika awal bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan yang di hadapi saat bermain matematika dan mendiskripsikan tahap-tahap keberhasilan proses bermain matematika awal. Metode penelitian yang digunakan dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses bermain matematika awal menekankan pada perkembangan kognitif anak usia dini. Kesulitan belajar yang dihadapi anak usia dini melalui faktor intern  dan faktor ekstern. Penerapan tahapan  pertama guru mampu penguasaan konsep dasar matematika, tahap kedua tingkat analisis anak dalam proses pembelajaran matematika terlihat dalam kegiatan bermain, dan tahap ketiga memberikan motivasi, bimbingan, pengarahan sesuai kebutuhan anak melalui pemberdayaan sumber media pembelajaran terkait dengan materi matematika awal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa adanya proses keberhasilan pembelajaran matematika awal dengan konsep permainan di RA Miftahul Huda Ngasem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sri Wahyuni, & Ratih Permata Sari. (2020). PROSES BERMAIN MATEMATIKA AWAL DI RA MIFTAHUL HUDA NGASEM NGAJUM-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i1.353
Section
Articles

References

Fadillah, M., (2017). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini, Cetakan I, Jakarta; Kencana.
Halimah, L., (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan I. Bandung: Refika Aditama.
Hasnida., (2014), Analisa Kebutuhan Anak Usia Dini. Cetakan I. Jakarta; Luxima Metro Media.
Helmawati (2015), Memahami Dan Mengenal Aud. Cetakan I. Bandung; Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabeth B (2005). Perkembangan Anak Jilid 1. Cetakan Vi Surabaya: Erlangga.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Dirjen Paud Dan Pendidikan Masyarakat, DIRJENPAUDNI (2015).
Latif, Mukhtar Et.Al. (2013). Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan I. Jakarta: Kencana Pranada Group.
Moleong Lexy.J., (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif, Cetakan Xiv Bandung:Pt. Remaja.
Pangastuti, R., (2014). Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan I. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Permata Sari, R., (2017). Buku Ajar Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Malang : IAI Al-Qolam.
Runtukahu, J Tombokan, Selpius Kandou,. (2014). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Cetakan I. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media.
Santrock, J.W. (2011). Psikologi Pendidikan (edisi ketiga). (Penerj. Diana Angelica). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan Iii Bandung: Cv, Alfabeta.
Susanto, A., (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan I. Jakarta; Bumi Aksara.
Susilo, S., (2016). Pedoman Penyelenggaraan Paud. Cetakan I. Jakarta; Bee Media Pustaka.