PENINGKATAN KECERDASAN KINESTIK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TARI TOPI MALANGAN PADA KELOMPOK B DI RA KALIMOSODO GEDANGAN-MALANG

Authors

  • Yuli Purwanti Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Norma Ita Sholihah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.362

Keywords:

Kecerdasan Kinestetik, Pembelajaran Tari Topi Malangan

Abstract

Kegiatan tari topi malangan memerlukan teknik-teknik gerakan dasar sebagai pembelajaran untuk anak usia dini. Terlihat tarian topi malangan memiliki tingkat kesulitan yang membutuhkan kelincahan, ketepatan, dan kecepatan secara tepat. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan kecerdasan kinestetik anak melalui tari topi malangan pada kelompok B di RA Kalimosodo Gedangan-Malang. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan menerapkan dua siklus melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penilaian dan pembahasan dilaksanakan melalui Siklus I dan Siklus II terfokus pada teknik gerakan berdasarkan kelincahan, ketepatan, dan kecepatan dengan hasil akhir prosesntase indikator keberhasilan 64 % menjadi 84 %. Penelitian ini  mengalami peningkatkan antar siklus dengan prosentase  20 % dengan kategori sedang yang mewujudkan adanya keberhasilan dalam penerapan kegiatan tari topi malangan dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik pada anak kelompok B.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Departemen Pendidikan Nasional.2004. Kurikulum 2004 Standart kompetensi TK dan Roudlotul Athfal. Jakarta : Depdiknas.
Musfiroh, T., (2008). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta : Universitas Terbuka.
Pekerti, W., (2016). Metode Pengembangan Seni. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.
Rachmi, T., (2008). .Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta ; Universitas Terbuka.
Soedarsono (1978). Pengantar Komposisi Tari . Yogyakarta: ASTI.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujiono (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks.
Suyadi (2012). Buku Panduan Guru Profesional: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Yogyakarta: Andi Offset
Suyadi (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung : Rosdakarya.
Suyadi dan Maulidya Ulfah (2013). Konsep Dasar PAUD. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.
Wardhani, IGAK (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wulandari, Retno Tri (2015). Pengetahuan Koreografi Untuk Anak Usia Dini. Malang : Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Yuli Purwanti, & Norma Ita Sholihah. (2020). PENINGKATAN KECERDASAN KINESTIK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN TARI TOPI MALANGAN PADA KELOMPOK B DI RA KALIMOSODO GEDANGAN-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 41-52. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.362