PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI RA AL-KHUSYU’ TUGUREJO WATES-BLITAR

Authors

  • Romilatul Afidah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Norma Ita Sholihah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363

Keywords:

Metode Ummi, Pembelajaran Membaca, Al-Qur’an

Abstract

Tingkat kesulitan membaca Al-Qur’an akan mempengaruhi aspek perkembangan anak usia dini dengan menentukan metode pembelajaran yaitu metode ummi. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses penerapan metode ummi dan faktor pendukung dan penghambat  dari penerapan metode ummi melalui pembelajaran membaca Al-Qur’an berdasarkan tingkat kesulitannya. Metode penelitian Kulitatif untuk menggungkapkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pertama, menentukan standart ketercapaian metode ummi sesuai dengan tahap usianya, membentuk kelompok berdasarkan kemampuan anak, dan mempersiapkan konsep pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui media buku bahan ajar jilid. Kedua, faktor pendukung dan penghambat menekankan pada peran serta pendidik dan orangtua dalam berkolaborasi untuk mengembangkan inovasi belajar dan mengelolah waktu belajar membaca Al-Qur’an anak usia dini. Penelitian ini disimpulkan bahwa membaca Al-Qur’an sangat penting diterapkan pada anak sejak dini sebagai dasar pemahaman lafad sesuai dengan makhroj, tajwid, dan tartilnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an al-Karim
Abdul Majid, Abdul (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Ali, Muhammad (1985) Metode Penelitian . Jakarta: t.p.
Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta:PT. Rineka Cipta
Bogdan dan Biklen (2014) Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Ar-Ruaz
Media.
Hanurawan, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Nugraha, Ali dan Neny Ratnawati ( 2003). Kiat-Kiat Merangsang Kecerdasa
Anak (Panduan Agar Anak Komunikatif dan Berfikir Kreatif) . Cetakan 1.
Jakarta: Puspa Swara.
Al-Qaradhawi, Yusuf (2000) Bagaimana Berinteraksi Dengan Al-Qur’an. Cetakan I (Jakarta: Pustaka Al Kaustar.
Ramayulius (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.
Salam Lubis ( t.t) Keluarga Sakinah .Surabaya: Terbit Terang.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Yayasan Konsorsium Pendidikan Islam. (2007). Ummi Fondation. Surabaya: KPI

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Romilatul Afidah, & Norma Ita Sholihah. (2020). PENERAPAN METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI RA AL-KHUSYU’ TUGUREJO WATES-BLITAR. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 53-59. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.363