IMPLEMENTASI SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK DI PAUD AL AMIN PRINGGODANI BANTUR-MALANG

Authors

  • Uswatul Hasanah PAUD Al-Amin

DOI:

https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.364

Keywords:

Sentra Bermain Peran, Pembelajaran Bahasa

Abstract

Kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran bermain peran menjadi salah satu daya tarik anak yang dapat mempengaruhi kemampuan bahasa anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi sentra bermain peran, peran guru, dan proses pembelajaran bahasa melalui teknik penggunaan  sentra bermain peran anak usia dini.  Metode penelitian berupa deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil temuan yang di peroleh meliputi mempersiapkan rancangan pembelajaran bermain peran, kegiatan bermain peran membutuhkan keterlibatan anak secara penuh terutama pada ruang dan waktu penerapannya dan peran serta guru dalam membangun pembelajaran secara kreatif untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak. Penelitian ini disimpulkan proses perkembangan kemampuan bahasa pada anak tidak cukup dilakukan hanya satu kali dalam pembelajaran sentra bermain peran. Melainkan, perlu dilakukan berulang-ulang kali dalam proses penerapannya dengan menentukan tema dalam pembelajaran sentra bermain peran secara berbeda. Sehingga, peran serta guru sangat penting dalam membangun kreatifitas dalam mengelolah pembelajaran di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Isjoni (2014). Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: ALFABETA
Suryadi dan Ulfah. M (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya
Hildayani, R., (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan
Gunarti, W., (2014). Metode Perkembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan
Asmawati, L., (2015). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka, Tanggerang Selatan
Hanurawan, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.
Hasan, M., (2009). Pendidian Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press
Fatimah, E., (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia
Rahman, H. S (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: PGTKI Press
Wiyni, N. Ardy (2016). Konsep Dasar PAUD. Jogjakarta: Gava Media
Salvin, R. E (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Indeks
Yusuf, S. dan Nani M. S.(2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Press
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmanadinata, N. S., (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Uswatul Hasanah. (2020). IMPLEMENTASI SENTRA BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ANAK DI PAUD AL AMIN PRINGGODANI BANTUR-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 60-67. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.364