Eksperimentasi Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Mejobo Kudus
Keywords:
Model STEM, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, StatistikaAbstract
Tujuan dari riset ini yaitu untuk menentukan model mana yang lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran STEM atau model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Pendekatan yang ada pada riset yaitu kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Quasi Experiment Design, yang menjadi populasi pada riset ini yaitu keseluruhan dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mejobo pada tahun akademik 2022/2023. Metode cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel; dari riset ini, dua kelas dipilih: kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan guna mengumpulkan data pada riset ini memakai instrumen tes. Setelah data diperoleh, analisis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan memanfaatkan program SPSS 25. Setelah siswa dikenai model STEM, sudah jelas bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah siswa diterapkan model STEM. Melalui uji t-test independent, keputusan ditolak sebab nilai 7,227 > = 2,002. Sehingga, berdasarkan kemampuan peserta didik untuk memahami konsep matematika, kelas eksperimen yang menggunakan model STEM lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunkan model langsung.