Pengaruh Penggunaan Roda Integral Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo
Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Roda IntegralAbstract
Matematika diketahui sebagai mata pelajaran yang mayoritas siswa merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Alat peraga matematika diharapkan bisa membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan riset ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan roda integral terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo. Riset ini menggunakan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Penelitian dilakukan pada 74 siswa dari dua kelas yakni kelas XI B dan XI C. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes materi integral. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig sebesar 0,039 < 0,005 yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan roda integral terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo.