Pengembangan Soal AKM Numerasi Untuk Peserta Didik Tingkat SMA
Keywords:
AKM Numerasi, Model ADDIE, Pengembangan SoalAbstract
Hasil yang diperoleh dari pengamatan soal model AKM yang masuk dalam kategori valid bertujuan meningkatkan kefahaman ataupun pengetahuan peserta didik terhadap soal model AKM. Penelitian yang kami lakukakn ini adalah penelitian pengembangan atau penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Namun, pada penelitian kali ini hanya diulas sampai tahap pengembangan karena hanya menginginkan produk yang valid. Penelitian ini dilakukan di MA Mambaul Ulum. Instrumen pencarian data dengan cara wawancara dengan guru matematika serta beberapa peserta didik dengan pengamatan. Pengembangan soal ini dilaksanakan melalui cara mengamati beberapa ketentuan, kemudian hasil kajian tersebut menjelaskan bahwasanya soal yang dikembangkan termasuk dalam golongan valid berasaskan musyawarah oleh ahli validasi mengenai aspek materi, konstruksi serta kebahasaan. Dari penjelasan di atas kesimpulan bahwa soal model AKM dapat dikatakan valid baik dari segi isi maupun konstruknya.