Eksperimentasi Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem

Penulis

  • Pricilia Sinta Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus)
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya Institut Agama Islam Negeri Kudus

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS, Model AIR, Statistika

Abstrak

Riset ini memiliki tujuan untuk membandingkan lebih baik mana antara model pembelajaran AIR dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah soal HOTS. Riset ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design dengan kuantitatif sebagai pendekatannya. Lima soal HOTS statistika sebagai instrument tes yang digunakan untuk mengumpulkan data. Keseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem tahun ajaran 2022/2023 menjadi populasi riset ini. Dengan teknik cluster random sampling sebagai pengambilan sampelnya, kelas VIII A dipilih sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian memperlihatkan, rata-rata postest kelas eksperimen 79,12 dan kelas kontrol 60,06. Berlandaskan hasil independent sample test diperoleh  > 1,99656, maka simpulannya kelas eksperimen dengan model AIR lebih baik daripada kelas kontrol dengan model langsung pada materi statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah soal HOTS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-26