Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Belajar

Penulis

  • Novi Ayu Yulia Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Loviga Denny Pratama Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Kata Kunci:

Barisan dan Deret, Gaya Belejar, Komunikasi Matematis

Abstrak

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang memegang peranan penting. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Materi yang digunakan adalah barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes tentang kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Sirajut Thalibin yang berjumlah 15 siswa. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan  gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung mengungkapkan ide-ide matematis, dapat lebih mudah memahami, menafsirkan, mengevaluasi, dan memakai istilah lambang matematika dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik dan auditorial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28