Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Darun Najah dalam Menyelesaikan Soal Model HOTS

Penulis

  • Ucik Fitri Handayani Institut Agama Islam Al-Qolam Malang
  • Nina Ainur Rohmah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang
  • Nurzahrotul Wakhidah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Kata Kunci:

Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model HOTS

Abstrak

Kemampuan literasi matematika menjadi kemampuan utama yang harus dimiliki siswa. Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal model HOTS.  Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Darun Najah, Krebet, Bululawang, Malang. Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa yang dipilih berdasarkan kemampuan matematika serta indikator kemampuan literasi matematika siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui tes dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan literasi matematis siswa masih belum optimal, dikarenakan belum ada siswa yang memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematika. Siswa kemampuan tinggi dan sedang dapat memenuhi tiga indikator kemampuan literasi matematika sesuai dengan kemampuannya. Siswa dengan kemampuan rendah hanya dapat memenuhi satu indikator kemampuan literasi matematika sesuai dengan kemampuannya. Guru dapat membiasakan siswa dalam menyelesaikan soal-soal model HOTS yang bervaiasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29