Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving Berbantuan Question Card
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Pembelajaran TAPPSAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana model pembelajaran Thinking Aloud Pair Probelm Solving berbantuan Question Card dapat meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan kemampuan berkomunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus yang berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dari hasil tes, observasi, dan dokumetasi. Data dianalisis menggunakan uji dependen sample t-test dan uji N-Gain didapatkan hasil bahwa 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan question card. Didapatkan nilai , Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai N-Gain Score sebesar 0,6896 dengan tingkat N-Gain sedang. 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving berbantuan question card. Hasil perhitungan diperoleh nilai , nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai N-Gain Score sebesar 0,6175 dengan tingkat N-Gain sedang.