Pengaruh Pembelajaran Daring dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Konsep Diri, Pembelajaran DaringAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran daring dan konsep diri terhadap hasil belajar matematika. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MI Miftahul Ulum dengan jumlah siswa 156 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel pada kelas 5 dan kelas 6 yang terdiri dari 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari angket untuk memperoleh data mengenai pembelajaran daring dan konsep diri. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, diketahui bahwa skor rata-rata dari pembelajaran daring sebesar 25,9; konsep diri sebesar 107,5; dan hasil belajar matematika sebesar 79,9. Hasil analisis inferensial yang menggunakan regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaan, yaitu Ŷ dengan nilai F hitung adalah 4,25 dan nilai probabilitas (Sig. F) adalah 0,000 dengan = 0,050. Artinya konsep diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dan konsep diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika.