Studi Literatur Review: Pemanfaatan Software Matematika Scratch Sebagai Media Belajar Untuk Mengetahui Kemampuan Komputasi Peserta Didik
Keywords:
Komputasi, Matematika, ScratchAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperjelas secara empiris pemanfaatan software matematika scratch sebagai media belajar untuk mengetahui kemampuan komputasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji jurnal-jurnal yang relevan sebanyak 25 artikel, namun artikel yang lulus seleksi inklusi sebanyak 5 artikel. Artikel ini berasal dari jurnal, skripsi, prosiding dan seminar. Kriteria pengambilan sumber perpustakaan adalah dalam rentang waktu 5 tahun terakhir yaitu dari tahun 2019 sampai tahun 2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunakan aplikasi berpengaruh untuk meningkatkan atau mengetahui kemampuan komputasi peserta didik. Selain itu, aplikasi scratch dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kreativitas, dan motivasi belajar siswa. Secara keseluruhan, penggunaan aplikasi scratch dalam pendidikan memberikan landasan yang kuat dalam pemrograman dan pemikiran komputasi, yang tidak hanya bermanfaat bagi perkembangan akademik siswa, tetapi juga kehidupan sehari-hari dan karir masa depan mereka.