Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Nilai Mutlak Berdasarakan Tahapan Newman
DOI:
https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1685Keywords:
Kesalahan, Tahapan Newman, Nilai MutlakAbstract
Salah satu mata kuliah yang ditawarkan dan disajikan pada perkuliahan program studi Pendidikan matematika adalah Analisis Real. Peneliti menggunakan kegiatan perkuliahan untuk menyampaikan materi nilai mutlak. Fakta bahwa mahasiswa melakukan kesalahan saat menyelesaikan nilai mutlak, hal inilah yang mendorong penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkarakterisasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan mahasiswa ketika berhadapan dengan nilai mutlak. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Universitas Al-Qolam Malang. Mahasiswa Pendidikan Matematika tahun 2023–2024 dijadikan sebagai subjek penelitian. Data kesalahan mahasiswa diperoleh dari hasil tes tertulis yang dikategorikan ke dalam berbagai jenis kesalahan. Berdasarkan temuan penelitian dapat dikatakan bahwa: S1 melakukan dua kesalahan, khususnya pada tahap process skills dan Encoding. Sedangkan S2 melakukan tiga kesalahan juga yaitu pada tahap process skill, tranformatio dan Encoding.