PENANGANAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HIPERACITIVITY DISORDER) DI MI AMANAH TANGGUNG TUREN

Main Article Content

Aisah Novia Sari
Afifatu Rohmawati

Abstract

Proses  penanganan terhadap anak ADHD dengan tepat melalui bentuk kerjasama yang di bangun oleh stakeholder dalam suatu lembaga pendidikan. Metode penelitian kualitatif-deskriptif (studi kasus). Hasil penelitian meliputi (1) proses penanganan anak ADHD melalui identifikasi sejak dini sebagai upaya mengurangi gejala ADHD. (2) Peran guru terhadap penanganan anak ADHD dengan menunjukkan adanya pola asuh yang diberikan guru kepada anak di sekolah. (3) Peran orangtua terhadap penanganan anak ADHD dengan menunjukkan adanya pola asuh dari orangtua ketika di rumah melalui adanya interaksi yang seimbang dengan cara melakukan komunikasi  (face to face). (4) Bentuk kerjasama antara orangtua dan guru yang terlihat dari intensitas komunikasi melalui media sosial atau media elektronik dan surat dalam mengevaluasi perkembangan anak ADHD. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penanganan anak ADHD melalui identifikasi sejak dini, teknik pola asuh guru dan orangtua sebgai bentuk komunikasi terhadap anak dan kerjasama guru dan orangtua.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aisah Novia Sari, & Afifatu Rohmawati. (2020). PENANGANAN ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HIPERACITIVITY DISORDER) DI MI AMANAH TANGGUNG TUREN . JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.314
Section
Articles

References

Dayu. P (2014). Mendidik Anak ADHD. Yogyakarta: Javalitera
Abdurrahman & Mulyono (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Baihaqi, M.I.F (2008). Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama
Hasan, M., (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
Morisson, G. S., (2012). Dasar- dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
Rahman, H. S., (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PGTKI Press
Richard, Colin and Philip Taylor (1998). How Shell We School Our Children? Primary Location and Its Future. London: Falmer Press
Santrock, John W (2007). Perkembangan Anak. Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiyani, Novan Ardy (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media
Yamin, M dan Jamilah, S. S., (2013). Panduan PAUD. Jakarta: Refrensi
Yusuf, Syamsu dan Nani M. Sugandhi (2011). Perkembangan Peseta Didik. Jakarta: Rajawali Press