Analysis Of Viral Marketing, Social Media Engagement, And Religiosity Donation Decision On Online Crowdfunding Platforms
DOI:
https://doi.org/10.35897/hasina.v2i1.1751Keywords:
Keputusan berdonasi; crowdfunding; pemasaran viral; interaksi social media; religiusitasAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis keputusan berdonasi menggunakan crowdfunding terhadap
viral marketing, social media engagement dan religiusitas yang telah menjadi solusi inovatif dalam
penggalangan dana berbasis teknologi yang menghubungkan para donatur khususnya generasi
millennial Jakarta dengan penerima manfaat. Jenis penelitian ini survei kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner (google form). Teknik pengambilan sampel
menggunakan non-probability sampling (purposive sampling) dengan 196 responden. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran platform crowdunding amal online di kalangan
generasi milenial Jakarta memiliki dampak positif dimana para donatur mudah dalam menyalurkan
donasi melalui platform crowdfunding amal online dengan fitur platform yang mudah di akses.
Perkembangannya didukung oleh peran kesadaran sosial, terutama di kalangan generasi milenial
yang aktif secara digital dan social. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi komunikasi yang
kreatif dan kampanye media sosial yang relevan untuk menarik donatur, serta pendekatan berbasis
nilai agama untuk membangun hubungan emosional dan spiritual. Kolaborasi antara teknologi dan
nilai-nilai sosial adalah kunci keberhasilan kampanye donasi online
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hamidahtus Syifa, Rahmah Mumtahanatul Insirah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.