Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Penggunaan Batik Bekasi

Authors

  • Meutia Yasmine Gunadi Universitas Negeri Jakarta
  • Hurriyyatun Kabbaro Universitas Negeri Jakarta
  • Reno Irwanto Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35897/hasina.v2i1.1755

Keywords:

Batik; batik Bekasi; bauran pemasaran; strategi pemasaran; niat penggunaan

Abstract

Niat Penggunaan Batik Bekasi di kalangan masyarakat Bekasi masih belum optimal. Salah satu
hal yang diduga memengaruhi niat penggunaan Batik Bekasi pada masyarakat adalah bauran
pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap
niat penggunaan Batik Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Penelitian
melibatkan 100 responden yang merupakan masyarakat Bekasi. Hasil uji deskriptif menunjukkan
bahwa lebih dari separuh responden belum memiliki batik bekasi. Akan tetapi, sebanyak 75%
responden sudah mengetahui Batik Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran
pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap niat penggunaan Batik Bekasi dengan nilai
koefisien determinasi sebesar 22,8%. Dimensi people dan physical evidence memiliki penilaian
tertinggi dari konsumen, sedangkan dimensi promotion membutuhkan peningkatan pada strategi
promosi kepada masyarakat. Promosi terkait Batik Bekasi membutuhkan penggalakan agar
masyarakat sehingga meningkatkan niat penggunaan Batik Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Articles