THE EFFECT OF STORY MAPPING ON READING COMPREHENSION

Authors

  • Norma Ita Sholichah

DOI:

https://doi.org/10.35897/intaj.v1i1.43

Keywords:

Strategi story-mapping, reading comprehension

Abstract

Penelitian ini menyelidiki pengaruh strategi story-mapping dalam mengajar pemahaman membaca teks bahasa Inggris, yang menggunakan kuasi-faktorial dengan desain pretest-posttest. Temuan penelitian ini mengungkapkan pengaruh yang signifikan secara statistik antara sebelum dan sesudah tes. Dengan kata lain, ada perbedaan yang signifikan setelah diajarkan dengan menggunakan strategi story-mapping. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa alasan. Pertama, pelaksanaan strategi story-mapping membantu siswa untuk mengatur informasi yang mereka dapatkan dari bahan bacaan dengan cara efektif. Dengan melatih siswa untuk mencari kata kunci dari setiap paragraf dan menuliskan informasi dari kata kunci memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengingat informasi detail dari bahan bacaan. Selain itu, kegiatan meringkas membantu siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi dari bacaan. Dengan demikian siswa dilatih untuk berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran di setiap pertemuan. Kedua, strategi story-mapping mencegah kebosanan siswa pada kegiatan pembelajaran khususnya pada materi pemahaman bacaan teks bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-02-06

How to Cite

Sholichah, N. I. (2017) “THE EFFECT OF STORY MAPPING ON READING COMPREHENSION”, Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 1(1), pp. 29–48. doi: 10.35897/intaj.v1i1.43.

Issue

Section

Articles