AN ANALYSIS OF MORAL VALUES IN “BAJRANGI BHAIJAAN” HINDI MOVIE

Authors

  • Uswatun Hasanah Institut Agama Islam Al-Qolam
  • Norma Ita Sholichah

DOI:

https://doi.org/10.35897/intaj.v4i2.575

Keywords:

Moral Values, Movie, Bajrangi Bhaijaan Movie

Abstract

Penelitian ini berjudul difokuskan pada nilai-nilai moral dalam film, yakni dalam film Hindi “Bajrangi Bhaijaan”. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis isi, penelitian ini menganalisis film Bajrangi Bhaijaan dengan dua sumber data, yaitu video film Bajrangi Bhaijaan sebagai sumber utama, dan file yang memakai subtitle sebagai sumber sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga belas nilai moral yang ditemukan dalam film ini, yaitu: kejujuran, pantang menyerah, kepedulian sosial, tanggung jawab, cinta dan kasih sayang, disiplin atau taat aturan, khusyu’ atau taat, toleransi, kerjasama dan solidaritas, berani, menjaga/melindungi, menepati janji, serta patriotisme atau cinta tanah air. Dari menganalisis nilai-nilai moral tersebut diharapkan dapat membangun karakter yang baik dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi setiap individu yang ada di masyarakat, dan diharapkan nilai-nilai moral tersebut dapat diterapkan pada peserta didik dalam dunia pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Hadil Amin (2013). “The Analysis of Moral Values Seen on the “War Horse” Movie”. Thesis. Salatiga: STAIN Salatiga

Asriana Harahap (June 2018). “Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pem-belajaran Tematik Kelas III SDIT Darul Hasan Padangsidimpuan”, Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1.

David K. Chan (2008). Moral Psychology Today Essays on Values, Ration Choice, and the Will. USA: SPRINGER.

Devita Ekawati and Siti Isnatun (2017). Bahasa Indonesia 2 SMP/MTs Kelas VIII. 2nd Edition. Bogor: Yudhistira.

Intan Permata Sari (26 July 2020). “Psikologi Pendidikan: Nilai, Moral, dan Si-kap”. https://sites.google.com/a/mhs.uinjkt.ac.id/intan-permata-sari/semester-2/4

Iwan Setiawan and Fahriany (2017). “Moral Values in Narrative Texts of English Textbooks for Senior High School Students Published by the Ministry of Education and Culture”. IJEE: Indonesian Journal of English Education, 4.

Kaimuddin (June 2014). “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013”, Dinamika Ilmu, 14.

Mark Timmons (1951). Moral Theory: An Introduction. American: Rownman & Littlefield Publisher.

Maulidia Humaira (2018). “An Analysis of Moral Values in Zootopia Movie”. The-sis. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Oxford Learner’s Pocket Dictionary (2008). 4th Edition. United Kingdom: Oxford University Press

Syamsul Fajar (2017). “Moral Values Analysis in the Rainbow Troops Novel Writ-ten by Andrea Hirata”. Thesis. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Yohanes Johardianto (2018). “An Analysis of Moral Value in 47 Ronin Film”, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5.

Downloads

Published

2020-10-25

How to Cite

Uswatun Hasanah and Sholichah, N. I. (2020) “AN ANALYSIS OF MORAL VALUES IN ‘BAJRANGI BHAIJAAN’ HINDI MOVIE”, Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 4(2), pp. 208–224. doi: 10.35897/intaj.v4i2.575.

Issue

Section

Articles