PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERCERITA WAYANG KONTEMPORER KELAS A DI RA PLUS TUNAS ISLAM WANDANPURO BULULAWANG-MALANG

Authors

  • Jamilatul Khusnah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang
  • Evi Nurhalimah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.360

Keywords:

Kosakata, Metode Bercerita, Wayang Kontemporer

Abstract

Penerapan metode bercerita dengan menggunakan media wayang kontemporer sangat efektif dalam melatih penguasaan kosa kata pada anak. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Indonesia melalui metode bercerita dengan menggunakan media wayang kontemporer pada kelas A. Metode penelitian tindakan kelas (Action Research) dengan menerapkan dua siklus melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Hasil penilaian dan pembahasan dilaksanakan melalui Siklus I dan Siklus II terfokus pada kegiatan mengenal kosakata Bahasa Indonesia tentang kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan dengan hasil akhir prosesntase indikator keberhasilan 22,2 % menjadi 64,77 %. Penelitian ini  mengalami peningkatkan antar siklus dengan prosentase  43,48 % dengan kategori sedang yang mewujudkan adanya keberhasilan dalam penggunaan media wayang kontemporer untuk memberikan stimulus pada penguasaan kosa kata bahasa anak dengan bercerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Musfiroh, T., (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suhartono, (2005). Pengembangan Keterampilan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas,
Suyadi, (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi
Dhieni, N., (2014). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Syaodih, A.,(2010) Mengenal dan Memahami Dunia Anak. Bandung: UPI, hlm. 14
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 17 Tahun 2010, Pasal 66, Ayat (2) dan (3)
Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan
Arikunto, S.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2020-05-31

How to Cite

Jamilatul Khusnah, & Evi Nurhalimah. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA MELALUI METODE BERCERITA WAYANG KONTEMPORER KELAS A DI RA PLUS TUNAS ISLAM WANDANPURO BULULAWANG-MALANG. JURALIANSI: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 21-30. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.360