Lingkungan Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi

Authors

  • Ansari Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Genteng Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.203

Keywords:

Lingkungan;, Pedidikan Karakter Siswa

Abstract

Lingkungan salah satu media belajar siswa sehingga memiliki nilai-nilai berharga dalam proses pendidikan. Lingkungan sebagai sumber pembelajaran siswa dalam belajar dengan mengambil bahan belajar dari lingkungan, maka kecakapan dan kepandaian siswa dapat dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu media yang dapat digunakan lingkungan yang ada, seperti yang telah diterapkan di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata-kata dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa ada dua jenis lingkungan yang dapat membentuk pendidikan karakter, yaitu lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan alam digunakan sebagai media pembentuk pendidikan karakter siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler, sedangkan lingkungan sosial melalui kegiatan Kewirausahaan. Perencanaan kegiatan Ekstrakurikuler dilakukan secara bersama dengan seluruh pendidik, sedangkan perencanaan Kewirausahaan dilakukan melalui rapat mingguan bersama guru di sekolah. Hasil pendidikan karakter yang dapat diperoleh dari lingkungan alam melalui kegiatan Ekstrakurikuler adalah disiplin, cinta alam, komunikatif dan bersyukur. Sedangkan pendidikan karakter yang diperoleh dari lingkungan sebagai media melalui kegiatan Kewirausahaan adalah percaya diri, kreatif, dan jujur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azzet, Akhmad Muhaimin, 2011, Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Barnawi & M. Arifin, 2012, Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pemdidikan Karakter, (Jogjakarta: Ar Ruzz Media).

Darmadi Hamid, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, (Pontianak: Alfabeta).

Fadillah Mohammad & Mualifatul Khorida Lilif, 2013, Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).

Jusuf Soewadji, 2012, Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moleong Lexy, 2002, Metode Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosda Karya).

Rusman, 2012, Manajemen Kurukulum, Jakarta: Rajawali Press.

UU Nomor 29 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Thomas Lickona, 2012, Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

01-09-2019

How to Cite

Ansari. (2019). Lingkungan Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa di SD Islam Al-Huda Genteng Banyuwangi. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 1(2), 73–92. https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i2.203