Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa MA Al-Hidayah

HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT

Authors

  • Didin Andrianto Universitas Al-Qolam
  • Ucik Fitri Handayani Universitas Al-Qolam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1413

Keywords:

self-concept, siswa SMA, komunikasi matematis.

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan hubungan kemampuan komunikasi matematis dan self concept siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Hidayah Wajak pada semester 2 tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas XI MIPA MA Al-Hidayah Wajak. Subjek penelitian diambil tiga siswa yang mewakili masing-masing kategori self-concept siswa. Instrumen penelitian mencakup tes dan kuesioner, sementara analisis data melibatkan pendekatan kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara self-concept dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam konteks ini, hasil penelitian menyiratkan bahwa siswa yang memiliki self-concept tinggi memiliki kemampuan untuk menguasai seluruh indikator komunikasi matematis, seperti tata bahasa, wacana, sosiolinguistik, dan strategis. Siswa yang memiliki self-concept sedang mampu memenuhi tiga indikator, yaitu tata bahasa, wacana, dan sosiolinguistik, namun belum mencapai tingkat kemampuan strategis karena mereka memberikan jawaban yang kurang tepat dan belum dapat menjelaskan tahapan penyelesaiannya. Siswa dengan self-concept rendah belum mampu memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis, termasuk tata bahasa, strategis, sosiolinguistik, dan wacana.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-12-17