Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Objek Wisata Kolam Renang Kuala Mega
DOI:
https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1689Keywords:
Aktivitas Matematika, Etnomatematika, Geometri, Kolam RenangAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan etnomatematika pada objek wisata kolam renang Kuala Mega yang ada di Tanjung Morawa, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang digunakan adalah data yang didapat dari studi literatur, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada wisata Kolam Renang Kuala Mega. Studi literatur dan wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam nilai-nilai seni arsitektur yang ada pada bangunan Kuala Mega. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat etnomatematika pada objek wisata Kuala Mega, yaitu konsep persegi panjang, lingkaran, segi delapan, dan garis sejajar. Melalui kegiatan mengamati bangunan Kuala Mega dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika menjelaskan bahwa unsur budaya dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.