Pengembangan Media Pembelajaran Matematika BERUANG (Belajar Bangun Ruang) Berbasis HTML5 Menggunakan Articulate Storyline 3

Authors

  • Dyah Ulin Naja IAIN KUDUS
  • Nanang Nabhar Fakhri Auliya IAIN KUDUS

Keywords:

Articulate Storyline, Bangun Ruang Sisi Datar, HTML5, Media Pembelajaran BERUANG, Media pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan siswa dalam menguasai materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran matematika MTs/SMP dikarenakan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Adapu penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis HTML5 dalam materi matematika bangun ruang sisi datar menggunanakan Articulate Storyline 3 sebagai solusi dari permasalahan serta untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, meliputi Analyze (Analisis), Design (Desain), Develop (Pengembangan), Implement (Penerapan), dan Evaluate (Evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar pengujian ahli dan lembar respon pengguna. Terdapat 34 siswa kelas 8 MTsN 4 Demak terlibat dalam penelitian ini sebagai subjek uji coba media. Hasil dari penelitian ini mendapatkan persentase kelayakan sebesar 90% dengan kriteria “sangat layak” dari ahli materi dan 91% dari ahli media dengan "kriteria “sangat layak”. Dalam uji coba terbatas dilakukan dua tahap yaitu pada kelompok kecil dan kelompok besar dengan perolehan persentase kelayakan masing-masing sebesar 85% dan 94% dengan kriteria yang sama yaitu “sangat layak”. Kesimpulan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis HTML5 dalam materi bangun ruang sisi datar menggunakan Articulate Storyline 3 dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-12-17