Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Aljabar Beserta Scaffolding

Authors

  • Anggita Oktaviana Putri Universitas Al-Qolam Malang

Keywords:

Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Aljabar, Scaffolding

Abstract

Pada pembelajaran matematika materi aljabar 85% siswa belum dapat menyelesaikan soal dengan benar. Hal ini dikarenakan dalam proses penyelesaian siswa melakukan beberapa kesalahan. Kesalahan-kesalahan tersebut akan terus terulang jika tidak ada scaffolding (bantuan) untuk mengatasi permasalahan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi aljabar beserta scaffolding yang diberikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Pesantren Raudlatul Ulum Ganjaran pada kelas VII dengan jumlah 28 siswa. Subjek penelitian yakni 3 siswa yakni PA, AJ, dan IWA yang mewakili kategori nilai siswa dan kesalahan yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan wawancara dan teknik analisis data yang digunakan yakni triangulasi. Hasil dari penelitian ini yakni subjek PA melakukan kesalahan memahami dengan scaffolding berupa restructuring, kesalahan keterampilan proses dengan scaffolding berupa reviewing dan restructuring, kesalahan penulisan jawaban akhir dengan scaffolding berupa reviewing. Subjek AJ melakukan kesalahan keterampilan proses dengan scaffolding berupa reviewing dan restructuring, kesalahan penulisan jawaban akhir dengan Scaffolding berupa reviewing. Subjek IWA melakukan kesalahan memahami dengan scaffolding berupa explaining dan reviewing, kesalahan transformasi dengan scaffolding berupa reviewing dan restructuring, kesalahan keterampilan proses dengan scaffolding berupa reviewing dan restructuring, dan kesalahan penulisan jawaban akhir dengan scaffolding berupa reviewing. Berdasarkan hasil penelitian ini guru dapat membiasakan siswa dengan memberikan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa terbiasa dan lancar dalam menyelesaikan soal cerita. Selain itu, guru juga dapat membiasakan dengan memberikan scaffolding terhadap siswa yang membutuhkan atau melakukan kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-06-01