Pengaruh Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V
Kata Kunci:
Hasil Belajar Matematika, Teams Games TournamentAbstrak
Model pembelajaran materi matematika sangat diperlukan untuk merangsang dan memotivasi siswa supaya aktif belajar serta memudahkan materi yang diterima. Model pembelajaran yang berpusat kepada guru/ teacher center menjadikan siswa menjadi objek dimana siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Perlu adanya model pembelajaran yang berpusat kepada siswa yang salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament/ TGT. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri, (2) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika kelas V di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Eksperimen menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mana subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dengan total 20 soal, terdiri dari 10 soal tipe pilihan ganda, 5 isian singkat. Dan 5 uraian. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun analisis menggunakan statistik parametrik melalui uji paired sample t-test dan uji f stimultan. Diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa sebelum TGT yaitu 68,52 sedangkan setelah dilakukan TGT memiliki skor 77,08. Untuk hasil uji t menunjukkan bahwa nilai sig. <0,05 yang mengindikasikan terdapat pengaruh TGT terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan uji f menunjukkan nilai 4,130 yang mengindikasikan TGT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa keals V.