Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Engklek Bernuansa Islami Materi Bilangan Bulat Kelas VII
Kata Kunci:
Bernuansa Islami, Permainan Tradisional EngklekAbstrak
Permasalahan peserta didik mengenai kendala pada pembelajaran matematika yaitu matematika dasar dan minat belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pembelajaran serta mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran permainan tradisional engklek bernuansa islami bilangan bulat kelas VII. Penelitian ini mengikuti pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE yang melibatkan lima tahapan utama: Analisis, Perencanaan, Pengembangan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini berbentuk cetak, seperti banner berwarna, yang dibuat menggunakan aplikasi CanvaPro dan Microsoft Word 2013. Untuk memastikan kualitas produk yang valid, dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, untuk mengukur kelayakan produk, dilakukan uji coba. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan instrumen angket, termasuk validasi oleh para ahli, serta uji coba dalam skala kecil dan skala besar. Hasil perhitungan validasi ahli dan uji coba yaitu masuk dalam rentang skor > 65 dan media permainan tradisional engklek bernuansa islami masuk pada kategori “Sangat Layak”. Media permainan tradisional engklek dengan materi bilangan bulat yang bernuansa islami menjadi layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mantematika. Peneliti berharap adanya riset lanjutan yang dapat melanjutkan atau mengembangkan media permainan tradisional engklek meningkatkan kemampuan penguasaan bilangan bulat menjadi media yang lebih baik.