Analisis Kesalahan Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Menyelesaikan Materi Teorema Pythagoras
Kata Kunci:
kesalahan, kesulitan, teorema phytagorasAbstrak
Penelitian ini bertitikberatkan pada deskripsi kesalahan siswa mengenahi pengolahan soal-soal masalah pada materi teorema Pythagoras, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif pada salah satu Madrasah tsanawiyah siswa kelas VIII di kabupaten Malang. Tes uraian digunakan dalam mencari data-data. Langkah-langkah yang peneliti gunakan diantaranya analisis data, pengumpulan data, dan mereduksi data-data untuk menghasilkan kesimpulan. Data yang diperoleh dari pekerjaan siswa dianalisis kesalahan-kesalahan dalam mereduksi data, kesalahan dalam memahami konsep soal cerita, kesalahan dalam menentukan langkah-langkah mengerjakan kerap dilakukan oleh siswa, kekeliruan dalam proses operasi hitung dan penguadratan kedalam pengakaran berulangkali dilakukan oleh siswa.