Meta Analisis Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Bululawang
Kata Kunci:
Discovery Learning, Hasil Belajar, MatematikaAbstrak
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa banyak siswa kelas V SDN 1 Bululawang kurang antusias dalam pembelajaran matematika. Diperlihatkan oleh hasil belajar matematika siswa 75% yang belum tuntas. Penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V dalam pelajaran matematika materi bangun ruang. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa, serta teknik pengumpulan datanya terdiri dari tes dan analisis observasi manajemen pembelajaran guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi bangun ruang matematika. Hasil belajar siswa dari siklus pertama diperoleh: 23 siswa mencapai tuntas (70,3%) dan 6 siswa tidak tuntas (29,7%). Pada siklus kedua, ada 26 siswa yang tuntas (89,2%), sedangkan yang tidak tuntas ada 3 siswa (10,02%).