ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG

Penulis

  • Nina Ainur Rohmah Universitas Al-Qolam Malang
  • tika septia IAI AL Qolam Malang
  • Rahma Wahyu STKIP Al-Hikmah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1697

Kata Kunci:

Kemampuan Literasi Matematis, Soal HOTS, Bangun Ruang Sisi Lengkung

Abstrak

Saat ini pembelajaran semakin meningkat termasuk pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa dituntut tidak hanya mampu berhitung saja, tetapi juga mampu memecahkan masalah, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, subjek mengalami sedikit kesulitan dalam menyelesaikan soal, subjek membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menalar soal ke dalam masalah sehari- hari. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematika siswa masih lemah karena masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan soal model HOTS materi bangun ruang sisi lengkung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-21