ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS IX PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
DOI:
https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1697Kata Kunci:
Kemampuan Literasi Matematis, Soal HOTS, Bangun Ruang Sisi LengkungAbstrak
Saat ini pembelajaran semakin meningkat termasuk pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika siswa dituntut tidak hanya mampu berhitung saja, tetapi juga mampu memecahkan masalah, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan literasi matematika siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, subjek mengalami sedikit kesulitan dalam menyelesaikan soal, subjek membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menalar soal ke dalam masalah sehari- hari. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kemampuan matematika siswa masih lemah karena masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan soal model HOTS materi bangun ruang sisi lengkung.