PERNIKAHAN DENGAN WALI MUHAKKAM DALAM PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI'AH

Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa Kota Malang

Authors

  • Siti A'isyah Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam Malang, Indonesia
  • Silvia Airin Institut Agama Islam Al-Qolam

DOI:

https://doi.org/10.35897/intaj.v2i02.153

Keywords:

pernikahan, wali muhakkam, mahasiswa, kota malang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di beberapa Kampus di Kota Malang.Subjek dari penelitian ini adalah suami, istri dan wali muhakkam. Objek penelitian ini praktik pernikahan dengan wali muhakkam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Yang menjadi data ini ialah praktik pernikahan dengan menggunakan wali muhakkam, adapun sumber data adalah informan yaitu suami istri yang melakukan pernikahan dengan menggunakan wali muhakkam.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Praktik pernikahan dengan menggunakan wali muhakkam di kalangan mahasiswa ini dengan cara mengangkat orang yang dianggap mengerti tentang hukum-hukum menjadi wali dalam pernikahan.Motivasi para mahasiswa menikah menggunakan wali muhakkam yang paling inti adalah menghindari dosa besar dari perzinahan dan dampak dari pernikahan wali muhakkam adalah tidak ada, hanya saja dampak moral sosial karena ketidak fahaman masyarakat bahwa mereka sudah melangsungkan pernikahan.Pernikahan dengan menggunakan wali muhakkam ini dalam rangka hifdzud din karena menjaga diri dari perbuatan zina untuk menyelamatkan agama seseorang yang merupakan kategori tertinggi menurut maqoshid asy-syari’ah

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-03-17

How to Cite

A’isyah, S. and Silvia Airin (2019) “PERNIKAHAN DENGAN WALI MUHAKKAM DALAM PERSPEKTIF MAQASHID AL-SYARI’AH: Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa Kota Malang”, Jurnal Penelitian Ilmiah INTAJ, 2(02), pp. 84–114. doi: 10.35897/intaj.v2i02.153.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)