Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Jilbab Lukis dan Digital Marketing di Pesantren Al Hayatul Islamiyah Malang

Authors

  • Andriati Azizah Syafitri Universitas Raden Rahmat Malang
  • Hilda Sanjayawati Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v3i1.1115

Keywords:

pengabdian kepada masyarakat;, santri;, digital marketing;, jilbab lukis;, pesantren

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan penanggung jawab pesantren Al Hayatul Islamiyah Kota  Malang, permasalahan yang dihadapi antara lain adalah: (1) pesantren merasa penting untuk memberikan bekal kemandirian bagi santri agar dapat meningkatkan daya saing di masyarakat; (2) pesantren merasa penting untuk meningkatkan keterampilan santri. Menurut Siswanto (2020) kegiatan peningkatan keterampilan terhadap peserta didik  pada dunia pendidikan juga dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan pesertanya.  Selain itu menurut Singawinata (2020), program pelatihan yang diberikan langsung kepada masyarakat  juga berguna untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan peserta pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan berpikir kreatif dalam berinovasi. Terdorong oleh kenyataan tersebut, maka diperlukan program kemitraan masyarakat dalam pemberdayaan generasi muda khususnya santri di pesantren yang menjadi fokus kajian  ini. Oleh karena itu, tim dosen dari Universitas Islam Raden Rahmad Malang berkerjasana dengan tenaga dosen dari Universitas Negeri Malang  ingin melakukan program kemitraan masyarakat dalam pemberdayaan santri dengan memberikan pelatihan jilbab lukis dan digital marketing untuk santri di pesantren Al Hayatul Islamiyah Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

11-08-2022

How to Cite

Azizah Syafitri, A. ., & Sanjayawati, H. . (2022). Pemberdayaan Santri melalui Pelatihan Jilbab Lukis dan Digital Marketing di Pesantren Al Hayatul Islamiyah Malang. Jurnal Aksi Afirmasi, 3(1), 38–46. https://doi.org/10.35897/jurnalaksiafirmasi.v3i1.1115

Issue

Section

Articles