RELEVANSI TEORI KONSTRUKTIVISTIK VYGOTSKY DENGAN KURIKULUM MERDEKA: STUDI KEPUSTAKAAN

Authors

  • Istiqomah As Sayfullooh Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Universitas Negeri Padang
  • Nafsi SDIT Generasi Rabbani

Keywords:

Vygotsky, Kurikulum Merdeka, Konstruktivistik, Studi Kepustakaan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang relevansi antara teori konstruktivistik Vygotsky dan implementasi Kurikulum Merdeka di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan untuk menggambarkan hubungan antara teori Vygotsky dan Kurikulum Merdeka. Hasil analisis menunjukkan adanya tiga hal yang secara umum mencerminkan relevansi antara keduanya. Pertama, implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan interaksi sosial dalam pembelajaran, sejalan dengan penekanan Vygotsky terhadap peran interaksi sosial dalam proses konstruksi pengetahuan. Kedua, peran guru dalam Kurikulum Merdeka sebagai fasilitator dan pendamping (scaffolding) mendukung konsep Vygotsky tentang zona perkembangan aktual dan potensial siswa. Ketiga, Kurikulum Merdeka memberikan peluang pengembangan keterampilan sosial siswa melalui penguatan Proful Pelajar Pancasila, sesuai dengan pandangan Vygotsky mengenai pentingnya lingkungan sosial dalam membentuk kemampuan sosial dan kognitif anak. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk menginvestigasi bukti empiris mengenai efek pembelajaran berbasis proyek pada implementasi Kurikulum Merdeka, serta kesiapan guru dalam berperan sebagai fasilitator (scaffolder) dalam konteks kurikulum tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Desyandri, Universitas Negeri Padang

 

 

Irdamurni, Universitas Negeri Padang

 

 

Nafsi, SDIT Generasi Rabbani

 

 

References

Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(1), 76–87. Retrieved from https://naikpangkat.com/implementasi-profil-pelajar-pancasila-dalam-kurikulum-merdeka/

Azizah, I. N., & Purwaningrum, J. P. (2021). Penerapan Teori Vygotsky Pada Pembelajaran Matematika Materi Geometri. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 3(1), 19–26. doi: 10.55719/jrpm.v3i1.220

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. doi: 10.52850/jpn.v22i2.3824

Firmansyah, R., Marlina, L., & Dwikoranto. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Kertosono. PendIPA Journal of Science Education, 7(1), 80–86.

Harun, Z., Izzuddin, M., Pisol, M., Falina Rosli, H., Rashed, Z. N., Najib, M., Halim, A., Raus, N. M., & Zulkifli, H. (2022). Vygotsky Theory in Students’ Learning and Its Relation to Characteristics of Students with Visual Impairments Special Needs. Malaysian Online Journal of Education, 6(1), 57–63.

Kemenristekdikti. (2023). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. Retrieved from https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/#alur

Maruti, S., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. Abdimas Mandalika, 2(2), 85–90.

Nugraha, O. B., & Frinaldi, A. (2023). Pergantian Kurikulum Pendidikan Ke Kurikulum Merdeka Belajar Dan Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 390–404.

Nurjanah, N., Cahyana, U., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Penerapan Online Project Based Learning Dan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV Pada Pelajaran IPA Di SD Nasional 1 Kota Bekasi. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 51–58. doi: 10.36456/bp.vol17.no1.a3161

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmawati, F. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penerapan Teori Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 1–4. doi: 10.55719/jrpm.v4i1.349

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3274

Sanusi, A. (2016). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4390

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052. doi: 10.58258/jime.v8i4.4095

Sidik, G. S. (2016). Analisis Proses Berpikir Dalam Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Pemberian Scaffolding. Jpsd, 2(2), 192–204.

Suardipa, I. P. (2020). Proses Scaffolding Pada Zone Of Proximal Development ( ZPD ) Dalam Pembelajaran. Widyacarya, 4(1), 79–92.

Suendri, Lubis, R. S., & Badri, M. (2021). Kombinasi Teori Vygotsky dan Polya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Era 4.0. Jurnal Sekolah PGSD FIP Unimed, 5(2), 47–53.

Wahyuningsih, E. T., Purwanto, A., & Medriati, R. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Project Based Learning Di Kelas Xi Mipa Sman 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 77–84. doi: 10.33369/jkf.4.2.77-84

Wood, D., & Wood, H. (1996). Vygotsky, Tutoring and Learning. Oxford Review of Education, 22(1), 5–16. doi: 10.1080/0305498960220101

Downloads

Published

20-09-2023

How to Cite

As Sayfullooh, I., Desyandri, Irdamurni, & Latifah, N. (2023). RELEVANSI TEORI KONSTRUKTIVISTIK VYGOTSKY DENGAN KURIKULUM MERDEKA: STUDI KEPUSTAKAAN. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 73–82. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1011