UPAYA PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK SMAN 2 BATU MATA PELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PBL DIPADU DIFERENSIASI KONTEN
Keywords:
berpikir divergen, problem based learning, diferensiasi kontenAbstract
Masalah pembelajaran yang ditemukan pada saat observasi pra-tindakan yaitu rendahnya kemampuan berpikir divergen peserta didik. Hal tersebut dibuktikan ketika guru mengajukan pertanyaan, peserta didik menjawab secara seragam. Di saat yang bersamaan, hasil ulangan harian menunjukkan rendahnya perolehan nilai peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik pada materi dinamika hidrosfer dan pengaruhnya bagi kehidupan manusia dengan menggunakan model PBL dipadu pembelajaran berdiferensiasi konten. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan rancangan penelitian diawali observasi pra tindakan, pelaksanaan tindakan selama dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-1 SMAN 2 Batu dengan jumlah 35 peserta didik. Persentase peningkatan kemampuan berpikir divergen peserta didik dari pra tindakan ke siklus I sebesar 19.40 % sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 12.5 %.
Downloads
References
Addis, D. R., Pan, L., Musicaro, R., & Schacter, D. L. (2016). Divergent thinking and constructing episodic simulations. Memory, 24(1), 89–97.
Amalia, N. F., & Pujiastuti, E. (2017). Kemampuan berpikir kritis dan rasa ingin tahu melalui model pbl. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 523–531.
AMBARITA, J., SIMANULLANG, M. P. K. P. S., & Adab, P. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.
de Vink, I. C., Willemsen, R. H., Lazonder, A. W., & Kroesbergen, E. H. (2022). Creativity in mathematics performance: The role of divergent and convergent thinking. British Journal of Educational Psychology, 92(2), 484–501.
Fauziah, M., Marmoah, S., Murwaningsih, T., & Saddhono, K. (2020). The Effect of Thinking Actively in a Social Context and Creative Problemsolving Learning Models on Divergent-Thinking Skills Viewed from Adversity Quotient. European Journal of Educational Research, 9(2), 537–568.
Hadi, W., Wuriyani, E. P., Yuhdi, A., & Agustina, R. (2022). Desain pembelajaran diferensiasi bermuatan Problem Based Learning (Pbl) Mendukung Critical Thinking Skill Siswa Pada Era Kenormalan Baru Pascapandemi COVID-19. Basastra, 11(1), 56–68.
Hidayati, R., Supriyati, Y., & Budi, A. S. (2021). The effect of learning models and divergent thinking on higher-order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 2019(1), 12010.
Hindriyanto, R. A., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1092–1096.
Hung, W. (2016). All PBL starts here: The problem. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2), 2.
Kamid, K., & Sinabang, Y. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 127–139.
Lonergan, R., Cumming, T. M., & O’Neill, S. C. (2022). Exploring the efficacy of problem-based learning in diverse secondary school classrooms: Characteristics and goals of problem-based learning. International Journal of Educational Research, 112, 101945.
Putri, S. R., Herdhiana, R., & Sritumini, B. A. (2019). Pengembangan Model Problem Based Learning Materi Permasalahan Ketenagakerjaan Melalui Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen-Konvergen. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 48–63.
Sanjaya, D. R. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Shi, L., Beaty, R. E., Chen, Q., Sun, J., Wei, D., Yang, W., & Qiu, J. (2020). Brain entropy is associated with divergent thinking. Cerebral Cortex, 30(2), 708–717.
Strobel, J., & Van Barneveld, A. (2009). When is PBL more effective? A meta-synthesis of meta-analyses comparing PBL to conventional classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 44–58.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Trullàs, J. C., Blay, C., Sarri, E., & Pujol, R. (2022). Effectiveness of problem-based learning methodology in undergraduate medical education: a scoping review. BMC Medical Education, 22(1), 104.