PENERAPAN MEDIA “TEBAK GAMBAR” BERBANTUAN ADIKSIMBA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN LIDAH KULON I KOTA SURABAYA

Authors

  • Annisa Rizqi Hendrada Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Hendratno Universitas Negeri Surabaya
  • Maftuah SDN Lidah Kulon I Kota Surabaya

Keywords:

media tebak gambar, menulis teks narasi, peserta didik kelas IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media “Tebak Gambar” untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi peserta didik kelas IV SDN Lidah Kulon I, untuk mendeskripsikan hasil belajar keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV dengan menerapkan media “Tebak Gambar”, dan untuk mendeskripsikan kendala selama penerapan media “Tebak Gambar” untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan terdapat empat tahapan pada setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan wawancara Kemudian instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar tes, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan menerapkan media “Tebak Gambar” dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV SDN Lidah Kulon I. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I adalah 79,9% meningkat menjadi 85,9% pada siklus II. Kemudian, hasil observasi aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 80,5 meningkat menjadi 85,2 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara individu pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas belajar adalah 17 orang peserta didik dan meningkat menjadi 12 orang peserta didik pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal pada siklus I menunjukkan bahwa persentase peserta didik yang tuntas belajar adalah 58,6% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Kendala-kendala yang dihadapi pada siklus I dan siklus II dapat diatasi dengan baik.

 

Kata Kunci: Media “Tebak Gambar”, Menulis Tek Narasi, Peserta didik Kelas IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Aulya, Widya Ismi, Kaswari, dan T. S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Menggunakan Media “Tebak Gambar” berbantuan ADiKSiMBa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7 (7), 1–11.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Lestari, Y. E. (2022). Penerapan Metode Menulis Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jpgsd, 10(7), 1439–1449.

Likarde, O. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik melalui Metode Permainan Bisik Berantai pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 63 Pondok Kubang Bengkulu Tengah.

Maulani, M., Sunarya, D. T., & Karlina, D. A. (2017). Penggunaan Permainan Pepetik Berbantuan Analisis Adiksimba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta didik Dalam Menentukan Pikiran Pokok. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 151–160.

Muslich, Masnur. (2011) .Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nur, Y., & Zulianto, S. (2016). Menggunakan Metode Menulis Berantai Peserta didik Kelas V SD Inpres 1 Talise Palu. 4(4), 48–55. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/13199/10110

Sahertian, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.

Sukma, H. H., & Oktaviani, F. (2021). Metode Menulis Berantai Dengan Permainan Tebak Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Peserta didik Kelas V SD Muhammadiyah Pandes. 8(2), 1–11.

Tarigan, Seri Ulina Br. (2020). Menigkatkan Hasil Belajar Peserta didik dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD 040541 Suka Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Medan: Universitas Quality. Diakses dari http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/854/

Trianto, 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Prenada Media Group.

Downloads

Published

20-03-2024

How to Cite

Putri, A. R. H., Hendratno, & Maftuah. (2024). PENERAPAN MEDIA “TEBAK GAMBAR” BERBANTUAN ADIKSIMBA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PESERTA DIDIK KELAS IV SDN LIDAH KULON I KOTA SURABAYA. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(1), 9–24. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1106