PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS X-3 BERBANTUAN POSTER KEBUDAYAAN DI SMAN 1 TUMPANG

Authors

  • Alfan Bramantya Universitas Negeri Malang
  • Sri Untari Universitas Negeri Malang
  • Fitrotun Nafsiyah SMAN 1 Tumpang

Keywords:

project based learnig, kreativitas, pendidikan pancasila, siswa SMA

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kreativitas siswa kelas X SMAN 1 Tumpang pada Pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menerapkan pembelajaran berbasis project based learning  (PjBL) berbantuan poster kebudayaan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Tumpang tahun pelajaran genap 2022/2023 sebanyak 35 siswa sebagai subjek penerima tindakan. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari: tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keterampilan kreativitas siswa kelas X-3 SMAN 1 Tumpang tahun pelajaran genap 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil rerata hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan 69 menjadi 77 pada siklus pertama dan menjadi 90 pada siklus kedua. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan 57.14% menjadi 77.14% pada siklus pertama dan menjadi 90% pada siklus kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Acesta, A. (2020). Pengaruh penerapan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 581-586.

Fajri, I., & Afriansyah, H. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia.

Fariasih, R. I., & Fathoni, A. (2022). The Effect of Project Based Learning Learning Model on Motivation and Learning Outcomes of Elementary Civic Education. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4).

Good, T. L. (2022). Using classroom and school research to professionalize teaching. In School effectiveness and school improvement (pp. 3-22). Routledge.

Komalasari, K. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113-126.

Kunlasomboon, N., Wongwanich, S., & Suwanmonkha, S. (2015). Research and development of classroom action research process to enhance school learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 171, 1315-1324.

Meesuk, P., Sramoon, B., & Wongrugsa, A. (2020). Classroom action research-based instruction: The sustainable teacher professional development strategy. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 98-110. Sanft, R., & Ziegler-Graham, K. (2018). Mathematics practicum at St. Olaf college: project-based learning through academic civic engagement. Primus, 28(4), 335-349.

Nurfa, N. N., & Nana, N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Terintegrasi 21st Century Skills Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 109-115.

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif pada konsep polimer dengan pendekatan STEAM bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 45-51.

Nurhidayah, I. J., Wibowo, F. C., & Astra, I. M. (2021, October). Project Based Learning (PjBL) learning model in science learning: Literature review. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2019, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.

Sari, P. K., Rostini, D., Ahmad, A., Fajarianto, O., & Yulistiani, N. (2019). The Effect of Poster Media on Students Learning Motivation in Social Science for Primary Students. In Proceedings Of the International Conference on Education, Language and Society (Vol. 37175).

Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan berpikir kreatif siswa sma dalam pembelajaran project-based learning (pjbl) pada materi fluida statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(6), 751-757.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01).

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sma kelas xi pada materi trigonometri di tinjau dari self-confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383-394.

Umar, U., & Widodo, A. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Akademik Siswa Sekolah Dasar di Daerah Pinggiran. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 458-465.

Nakayama, C. (2022). Organizing Project-Based Learning to Commerce Students: Enhancing Human Resource Development. Journal of Hospitality & Tourism, 20(1).

Clancy, K. (2020). Project Based Learning and Community Based Learning–Promises for Political Science and Higher Education.

Downloads

Published

20-03-2024

How to Cite

Alfan Bramantya, Sri Untari, & Fitrotun Nafsiyah. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS X-3 BERBANTUAN POSTER KEBUDAYAAN DI SMAN 1 TUMPANG. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(1), 105–113. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1281