STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNTUK MENYOKONG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMA BAKTI MULYA 400

Authors

  • Arya Wijaya Pramodha Wardhana Universitas Indonesia
  • Ayunda Trisna Ludi Tiara Universitas Indonesia
  • Laksmi Universitas Indonesia
  • Rahmi Universitas Indonesia
  • Rahma Sugihartati Universitas Airlangga

Keywords:

Pengembangan Koleksi Perpustakaan, Perencanaan Strategis, Analisis SWOT, Proses Belajar Mengajar

Abstract

Pengembangan koleksi perpustakaan sekolah memiliki peran krusial dalam memperkaya pengetahuan dan meningkatkan sekaligus memberikan stimultan terhadap minat baca siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang terstruktur dan mempertimbangan kelemahan serta kekuatan dari sumber daya yang dimiliki perpustakaan. Dalam penelitian ini, analisis data dilakukan dengan menggunakan tiga tahap dari lima tahapan umum perencanaan strategis untuk pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Tahap awal melibatkan penilaian kondisi internal dan eksternal, di mana observasi dan wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang kondisi-kondisi yang ada. Langkah berikutnya melibatkan identifikasi isu-isu strategis dengan menggunakan analisis SWOT. Dengan pendekatan ini, peneliti berusaha mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat memengaruhi pengembangan koleksi di perpustakaan sekolah SMA Bakti Mulya 400. Terakhir, tahap ketiga melibatkan analisis implementasi dan evaluasi dari upaya pengembangan koleksi di perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400.  Dengan menerapkan metode kualitatif jenis deskriptif dengan penerapan pendekatan studi kasus. Penelitian bertujuan membentuk pemahaman yang mendalam mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternal Perpustakaan Sekolah SMA Bakti Mulya 400. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini berusaha menggambarkan secara rinci karakteristik, dinamika, serta faktor-faktor yang memengaruhi perpustakaan tersebut. Hasil kajian diharapkan dapat memberikan saran yang dapat diterima oleh semua pihak terkait, serta menjadi bahan diskusi lanjutan dalam konteks yang sama pada masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agee, J. (2005). Collection evaluation: a foundation for collection development. Collection Building, 24(3), 92–95.

Chu, L., Li, P.-H., & Yu, M.-N. (2020). The longitudinal effect of children’s self-regulated learning on reading habits and well-being . In International journal of educational research (Vol. 104, p. 101673). Elsevier Ltd . https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101673

Collins, K. B., & Doll, C. A. (2012). Resource Provisions of a High School Library Collection. School Library Research, 15.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Fatmawati, E. (2021). Layanan Perpustakaan Sekolah: Panduan Bagi Pemula. Deepublish.

Hibner, H., & Kelly, M. (2023). Making a collection count: a holistic approach to library collection management. Elsevier.

Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48.

Johnson, P. (2018). Fundamentals of collection development and management. American Library Association.

Kang, B.-S. (2022). Discussion on Calculating the Required Shelves for Arranging the School Library Collection. Journal of the Korean Society for Library and Information Science, 56(1), 347–364.

Kastro, A. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 4(1), 92–100.

Khan, G., & Bhatti, R. (2021). An Argument on Collection Development and Collection Management. Library Philosophy and Practice, 1–7.

Khan, M. T., Rafiq, S., & Rafiq, A. (2022). Selective and Effective Strategic Collection Development Approach in Universities Libraries. Library Philosophy & Practice.

Kumar Roy, B., Chandra Biswas, S., & Mukhopadhyay, P. (2022). Collection development and organization in institutional digital repositories: From policy to practice. International Journal Of Information Science And Management (IJISM), 20(1).

Levenson, H. N., & Hess, A. N. (2020). Collaborative collection development: Current perspectives leading to future initiatives. The Journal of Academic Librarianship, 46(5), 102201.

Rahayu, A., Wahib, A., & Besari, A. (2023). Peningkatan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Melalui Pojok Baca. Open Community Service Journal, 2(2), 122–130.

Saponaro, M. Z., & Evans, G. E. (2019). Collection management basics. Bloomsbury Publishing USA.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutinah, B. S. (2015). Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendidikan (B. Suyanto & Sutinah (eds.)). Kencana.

Syafitri, E. (2020). Peran Pustakawan Dalam Penataan Ruang Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 1 Kluet Timur. UPT. PERPUSTAKAAN.

Wegmann, M., LaDuke, A., Lear, M., & Henry Casesa, R. (2021). Assessing the role of a children’s collection in an academic library: a case study of collaborative collection management. Collection Management, 46(3–4), 257–272.

Downloads

Published

20-03-2024

How to Cite

Wardhana, A. W. P., Tiara, A. T. L., Laksmi, Rahmi, & Sugihartati, R. (2024). STRATEGI PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNTUK MENYOKONG PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH SMA BAKTI MULYA 400. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(1), 114–128. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1284