MODEL PEMBELAJARAN MENULIS SASTRA WISATA DI PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Mochamad Bayu Firmansyah Universitas PGRI Wiranegara
  • Suwadi Universitas PGRI Wiranegara

Keywords:

Learning Models, Writing Travel Literature, Higher Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis sastra wisata yang dapat diterapkan di perguruan tinggi. Model ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan menulis kreatif mahasiswa dengan memanfaatkan tema wisata sebagai sumber inspirasi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, yang melibatkan analisis kritis dan mendalam terhadap berbagai literatur yang relevan, termasuk teori sastra, prinsipprinsip pariwisata, dan metodologi pengajaran. Langkah-langkah pembelajaran dalam model ini mencakup pengenalan konsep dan teori, eksplorasi destinasi wisata melalui kunjungan lapangan atau tur virtual, pengumpulan informasi dan data, pengembangan ide cerita, penulisan draf awal, revisi dan penyuntingan, publikasi dan presentasi karya, serta refleksi dan evaluasi. Setiap langkah dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif dan mendalam, membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam menulis sastra wisata. Sintaks pembelajaran menulis sastra wisata terdiri dari delapan langkah utama: (1) pengenalan konsep dan teori, (2) eksplorasi destinasi wisata, (3) pengumpulan informasi dan data, (4) pengembangan ide dan brainstorming, (5) penulisan draf awal, (6) revisi dan penyuntingan, (7) publikasi dan presentasi, dan (8) refleksi dan evaluasi. Pedoman peranan dalam pembelajaran ini menetapkan tugas dosen sebagai fasilitator, pembimbing, dan evaluator, sementara mahasiswa berperan sebagai pembelajar aktif, penulis, peneliti, kolaborator, dan evaluator. Penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran menulis sastra wisata yang terstruktur dan komprehensif tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa, tetapi juga memperkaya pemahaman mereka tentang budaya, sejarah, dan dinamika pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muri Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. PT. Fajar Interpratama Mandiri, 2016. Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenada Media.

Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2022): 974–80. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Artika, I Wayan. “Pengajaran Sastra Dengan Pendekatan Sastra Pariwisata (Literary Tourisms).” Vol. 1 No. 1 (2022): Sandibasa I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia I) 4, no. April (2022): 45–62.

Baleiro, Rita. “‘ I Have My Eyes Fixed Ahead ’: A Contribution to the African Literary Landscape.” Journal of Tourism & Development 42, no. July (2023): 211–23. https://doi.org/10.34624/rtd.v42i0.32691.

Daryono, Mochamad Bayu Firmansyah, Dkk. Landasan Pendidikan:Teori Dan Aplikasi Dalam Aspek Humas Pendidikan Di Indonesia. 1st ed. Pasuruan, Indonesia: Ari Institute, 2021. https://books.google.co.id/books/about?id=hz8pEAAAQBAJ&redir_esc=y.

Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21, no. 1 (2021): 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Firmansyah, M Bayu, and Tristan Rokhmawan. “Pengembangan Kompetensi Komunikasi Multimodal Mahasiswa STKIP PGRI Pasuruan.” Jurnal Ilmiah Edukasi Dan Sosial 9, no. September (2018): 124–33. http://www.jiesjournal.com/index.php/jies/issue/view/9.

Firmansyah, Mochamad Bayu, and S Suwadi. “Student’s Multimodated Competency in Digital Learning in Universities.” Erudio Journal of Educational 8, no. December (2021): 120–36. https://www.erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/view/383%0Ahttps://www.erudio.ub.ac.id/index.php/erudio/article/download/383/286.

Firmansyah, Mochammad Bayu. “Konseptualisasi Pembelajaran Sastra Digital,” 2018. https://osf.io/preprints/inarxiv/f3z62/.

———. “Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal” 10, no. July (2019): 60–68.

Nofiyanti, Fifi, Rina Fitriana, and Ida Mayasari. “Ekranisasi Karya Sastra Traveling Sebagai Media Promosi Wisata Indonesia.” IKRA-ITH Humaniora 3, no. March 2020 (2019): 1–16. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/issue/view/43.

Putra, I Nyoman Darma. “Sastra Pariwisata: Pendekatan Interdisipliner Kajian Sastra Dan Pariwisata.” Seminar Nasional Inovasi Dalam Penelitian Sains, Teknologi, Dan Humaniora 1, no. 2005 (2019): 173–81.

Study, Case, Penglipuran Bali, and Traditional Village. “Local Wisdom as Cultural Resilience on Tourism Activities” 14, no. 1 (2022): 95–105. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Local+Wisdom+as+Cultural+Resilience+on+Tourism+Activities&btnG=.

Sudikan, Setya Yuwana. Sastra Pariwisata: Fenomena Universal Dan Ekonomi Kreatif. Vol. 4, 2016.

Suyanta, I Wayan Gede. “Penerapan Model Pembelajaran Wisata Sastra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Mahardika Denpasar.” Widyadari, 2023.

Downloads

Published

20-09-2024

How to Cite

Mochamad Bayu Firmansyah, & Suwadi. (2024). MODEL PEMBELAJARAN MENULIS SASTRA WISATA DI PERGURUAN TINGGI. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 6(2), 30–39. Retrieved from https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1357