Konsep Pendidikan Anak dalam Islam Perspektif Muhammad Sa’id Murs’i dalam Kitab Fann Tarbiyah Al-Awlad Fil-Islam
DOI:
https://doi.org/10.35897/jurnaltinta.v1i1.139Keywords:
Muhammad Sa’id Murs’i, fann Tarbiyah al-Awlad fi al-IslamAbstract
Pendidikan Islam telah diyakini sebagai satu-satunya pendidikan yang mampu mencetak anak didik berbudi pekerti yang baik, bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Namun, dalam kenyataannya, kenyakinan tersebut seringkali tidak sesuai dengan fakta dan realita. Berpijak dari hal tersebut di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pemikiran Muhammad Sa’?d Murs? dalam mendidik anak secara islam. Penelitian ini adalah merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode riset kepustakaan (library research) yaitu menelusuri sumber-sumber kepustakan yang berkaitan dengan permasalahan yang diangkat dari sumber primer yaitu buku” Fann Tarbiyah al-Awl?d fi al-Isl?m”karya Muhammad Sa’?d Murs?, Penelitian menggunakan metode dokumentasi dengan content analysis yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan guna mencari solusi suatu permasalahan, dengan tehnik analisis deskriptif serta menggunakan interpretasi data yaitu menyelami isi buku dan mengungkap pesan yang ingin disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu keberhasilan dalam proses pembelajaran ditentukan oleh pertama landasan Theologi pendidikan anak, kedua memahami karakter anak agar pendidik bisa menyikapi prilaku anak yang kelihatanya menyimpang dengan tepat, ketiga penggunaan metode, metode berfungsi untuk mempermudah siswa memahami bahan pelajaran dalam rangka mencapai tujuan yang ingin dicapai, keempat adalah materi pendidikan, materi pendidikan menurut pandangan beliau adalah meliput: Aqidah, ibadah dan akhlak materi beliau diakhiri dengan pendidikan seks.
Downloads
References
Abd al-Ra’ūf al, Muhammad Munāwī(t.t). Faidl al-Qodīr sarh Jāmi’ al-Shohīr.Juz IV, DVD:Al-Maktabah al-Syāmilah,Edisi II.
Abd al-‘Azīs, ibn Muhammad ‘Ali Abd al-Latīf(t.t).Al-Tauhīd li al-Nāsyi’ah wa al-Mubtadi’īn, Juz I DVD: Al-Maktabah al-Syamilah,Edisi II.
Abd al-Hamīd, ibn Muhammad ‘Ali Kudus(t.t).Irsyād al-Muhtadī fi sarhi kifāyah al-Mubtadī.Ttp
Ahmad, Ibn Hanbal(t.t).Musnad Ahmad. Juz III, DVD:Al-Maktabah al-Syāmilah,Edisi II.
Musnad Ahmad. Juz XIII, DVD:al-Maktabah al-Syāmilah,Edisi II.
Ahmadī ,Abūdan Nur Uhbiyati (1991), Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Hākim(t.t), al-Mustadrak li al-Shahīhain,Juz III, DVD:Al-Maktabah al-Syāmilah,Edisi II.
Al-Nasā’ī(t.t). Sunan al-Kubrā, Juz V, DVD:Al-Maktabahal-Syāmilah,Edisi II.Al-Qur’ān al-Karīm
Al-Thabrānī (t.t).Al-Mu’jam al-Kubrā, Juz III, DVD:Al-Maktabah al-Syāmilah,Edisi II.
Al-Mu’jam al-Kubrā, Juz IX, DVD: Al-Maktabah al-Syāmilah, Edisi II
Anslem straus dan Juliet Corbin (1997), Penelitian Kualitatif, Prosedur, tehnik dan teori Grounded, Kutipan Junaidy ghoni. Surabaya:bina Ilmu.
Burhan, Bungin (2003), Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Imam, Bawani(1987),Segi-SegiPendidikanIslam,Surabaya:Al-Ikhlas.
Komaruddin(1993), Kamus Istilah Skripsi dan Tesis, Bandung: Penerbit Aksara.
Noeng Muhadjir (1996), Metode Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Ramayulis (1998), Ilmu Pendidikan Islam.,Jakarta: Kalam Mulia.
Rusli, M.Karim (1991), Pendidikan Islam dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sanapiah, Faisal (1993), Metode Penelitian Pendidikan., Surabaya: Usaha Nasional,
Suharsimi, arikunto (1996), Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Suwito(2005),Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media. Zainuddīn, al-Malibārī(t.t). Fath al-Mu’īn. Juz I , DVD: Al-Maktabah al-Syāmilah, Edisi II).